Saran Filip Wamafma agar Otsus Papua Lebih Efektif Menjawab Aspirasi Masyarakat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota DPD RI Terpilih dari Provinsi Papua Barat, Filip Wamafma mengatakan, evaluasi terhadap pelaksanaan otonomi khusus (Otsus) Papua sangat diperlukan agar lebih efektif menjawab aspirasi masyarakat.

“Evaluasi Otsus Papua diperlukan karena sejak berlaku 2001, ternyata belum efektif mewujudkan aspirasi masyarakat Papua,” kata Filip Wamafma di Jakarta, belum lama ini.

Filip berharap pemerintah segera menerbitkan peraturan pelaksana UU Otsus antara lain keberadaan partai politik lokal di Papua. Selain itu, perlu sinergi dari seluruh elemen agar program di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dapat berkembang baik demi menyejahaterakan masyarakat Papua.

Memberamo Raya Diguncang Gempa 6,0 SR, Tak Berpotensi Tsunami

“Isu ini yang akan menjadi perhatian ketika saya resmi dilantik menjadi anggota DPD RI,” kata Filip yang juga Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari ini.

Sebelumnya, Anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat, Mervin Sadipun Komber mengingatkan pemerintah untuk semakin gencar membangun daerah yang masih terisolasi. Di antaranya membangun jalan sehingga dapat memudahkan akses masyarakat sekaligus dapat menghubungkan kampung dengan kampung sekaligus antarprovinsi.

Golkar Papua Bangga Kepemimpinan Ketum Airlangga

“Melalui pembangunan sarana dan prasarana transportasi, termasuk pembangunan jalan maka dampaknya dapat meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat di daerah,” kata Mervin.

Mervin mengaku saat reses atau kunjungan kerja di Teluk Bintuni dan Teluk Wondama, dirinya melihat jalan-jalan baru yang dibangun pemerintah. Dia berharap pemerintah dan masyarakat juga memperhatikan agar jalan yang sudah dibangun tetap dapat dipelihara dengan baik. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...