Tumbuhkan Minat Baca Anak Lewat Lomba

Senin, 24 Juni 2019 - 21:57 WIB

FAJAR.CO.ID,SUNGGUMINASA — Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menggelar lomba baca estafet, bercerita tingkat SD/MI, dan lomba pidato tingkat SMP/Mts, di Baruga Karaeng Galesong, Senin, 24 Juni.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Muhammad Taslim, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak melalui bacaan yang berisi tentang kebudayaan, dan nilai kepahlawanan.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin kita dan ketiga kalinya dilaksanakan untuk membantu meningkatkan minat baca anak sebagai penerus bangsa, dan mempopulerkan kembali cerita budaya daerah yang isinya membangun karakter,” ungkapnya.

Taslim menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung hingga Rabu 26 Juni mendatang dengan total peserta lomba bercerita 20 orang, lomba baca estafet 20 tim (60 orang), dan lomba pidato 20 orang.

“Semua lomba dilakukan dalam satu tahap dan keputusan juri akan bersifat final, dan masing-masing pemenang pertama akan mewakili ditingkat provinsi nantinya,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni sekaligus membuka lomba tersebut mengatakan, kegiatan seperti ini sangat baik dilaksanakan, apalagi saat ini minat baca anak sangat berkurang karena dipengaruhi oleh teknologi yang semakin berkembang yaitu smartphone.

“Generasi millenial sekarang minat bacanya masih rendah, salah satu pengaruh karena kecanggihan smartphone yang akhirnya anak lebih tertarik dengan sosial media dan youtube dibandingkan menggunakan smartphone untuk membaca, sehingga lomba ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak,” katanya.

Selain itu, Wabup mengungkapkan salah satu cara yang dilakukan untuk mengimbangi kecanggihan teknologi, pihaknya telah memiliki I-Gowa yang merupakan perpustakaan online/digital pemkab Gowa yang didalmnya terdapat beberapa bacaan yang cocok untuk anak.

“Silahkan download aplikasi I-Gowa di playstore, meskipun bukunya masih terbatas tapi setidaknya bisa membantu anak mencari beberapa buku bacaab yang diinginkan,” jelasnya.

Olehnya dirinya menghimbau agar Dinas Perpustakaan lebih gencar lagi dan terus melakukan inovasi untuk menarik anak-anak untuk membaca. Apalagi nantinya akan ada perpustakaan modern yang diharapkan akan menjadi pusat baca dengan koleksi yang banyak, dan tempat bergaul positif.

“Tidak ada kata terlambat untuk hal positif seperti meningkatkan minat baca, selamat bertanding semoga nantinya bisa menjadi penerus yang akan membawa Gowa lebih baik dimasa yang akan datang,” harapnya. (ica)