Jaga Kulit Tetap Sehat Usai Olahraga, Ini 7 Langkah Tepat

Selasa, 25 Juni 2019 - 11:20 WIB
Usahakan mandi usai olahraga untuk mencegah perkembangan bakteri. (Healthline)

FAJAR.CO.ID–Usai berolahraga pasti tubuh akan penuh keringat. Hal itu baik untuk membakar kalori. Namun tak pernahkah berpikir bahwa keringat itu bisa menumpuk menjadi bakteri dan jamur?

Bakteri dan jamur berkembang di lingkungan yang lembab apalagi jika sedang berkeringat usai berolahraga. Apalagi jika berada di lokasi tempat fitness atau gym bisa membuat penularan bakteri dan jamur lebih cepat. Salah satunya menyebabkan jerawat.

Yup, tak haya di muka, jerawat bisa muncul pada bagian tubuh yang kurang bersih. Seperti pundak dan dada. Menurut dokter kulit Adam Geyer, MD, dilansir dari Men’s Health, Senin (24/6), jerawat disebabkan oleh bakteri yang disebut Propionibacterium acnes (atau P-Acnes) yang tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan berkeringat.

Sehingga, semakin banyak berolahraga, maka keringat yang dihasilkan pun berlimpah. Dengan kata lain, jika tak membersihkan tubuh usai olahraga, maka potensi bakteri jerawat berkembang makin besar.

“Orang yang sering berolahraga sering menemukan peningkatan jerawat di dada, punggung, dan wajahnya,” ujarnya.

Olahraga juga dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria, yang pada gilirannya memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Sehingga, bakteri dan jamur juga bisa menjadi folikulitis, yang merupakan peradangan pada folikel rambut.

Biasanya bisa muncul di area kaki, lengan, atau badan. Dokter Geyer merekomendasikan penggunaan benzoil peroksida pada jerawat dan folikulitis untuk membantu mengeringkan pori-pori dan membunuh bakteri. Namun, ada cara lainnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit dari keringat yang menempel.

1. Selalu Mandi Setelah Latihan Olahraga

Hal terbaik untuk kulit adalah mandi setelah olahraga. “Ini membantu menghilangkan penumpukan keringat dan minyak yang dikeluarkan selama latihan,” kata dr. Geyer.

Mandi juga membantu menghilangkan mikroba dan bakteri lain yang mungkin terpapar dari lokasi gym. Mandi juga membuat tubuh lebih wangi.“Bukan keringat kita yang berbau, melainkan bakteri yang tumbuh di dalamnya yang menyebabkan bau,” katanya.

2. Gunakan Tisu Tubuh Jika Tak Bisa Mandi

Secara realistis, barangkali tak ada waktu untuk mandi atau tak memungkinkan untuk mandi usai olahraga. Membiarkan keringat mengering di tubuh dapat membuat bakteri di dalam pori-pori tumbuh subur. Gunakan lap pembersih untuk membersihkan area yang berkeringat dengan cepat seperti dada dan lengan.

3. Mandi Air Hangat Bukan Ide yang Selalu Baik

Mandi air hangat bisa membuat kulit kering. Menurut dr. Geyer, kulit kering bisa terasa gatal dan jika menggaruk kulit terlalu sering, bakteri dan ragi akan lebih mudah masuk.“Jika kering dapat membuat lebih rentan terhadap ruam, iritasi, dan infeksi,” kata dr. Geyer.

4. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari harus memiliki dua fungsi untuk membantu membersihkan, tapi juga jangan membuat kulit kering. Geyer merekomendasikan selalu menggunakan produk yang dirancang khusus untuk jenis kulit untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Dia mengatakan untuk menggunakan pembersih gel jika rentan terhadap jerawat atau pembersih krim jika memiliki kulit sensitif. “Beri pelembab bebas minyak jika memiliki kulit berminyak atau krim yang pelembab jika memiliki kulit kering,” ungkapnya.

5. Selalu Cuci Pakaian dan Handuk

Bakteri tak hanya ditemukan pada kulit. Jika tidak mencuci dan memutar pakaian olahraga maka bisa membuat bakteri tumbuh berkembang. Begitupula dengan handuk kecil untuk menyeka keringat.

“Memakai kembali pakaian olahraga adalah sumber paparan bakteri yang mungkin hidup lebih banyak. Maka harus mengganti pakaian dan handuk yang bersih dan sudah dicuci,” kata Dr. Geyer.

6. Pilih Produk Rambut yang Tepat

Saat berolahraga, sadarilah produk rambut apa yang digunakan, terutama jika pada pria yang menggunakan minyak rambut seperti pomade. Saat berolahraga dan berkeringat, produk-produk rambut berbasis air dapat meleleh dan mengalir ke wajah. Ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di wajah, leher, serta bahu.

7. Bersihkan Peralatan di Lokasi Gym

Sebagian besar lokasi Gym cukup bagus dalam menyediakan tisu untuk membersihkan peralatan. Jika tak ada, gunakan handuk ekstra yang wajib dibawa dari rumah. Bersihkan semua peralatan sebelum menggunakannya dan sesudahnya. (jpc/eds)