Manfaat Mengisi TTS untuk Otak, Pertajam Ingatan hingga Mencegah Alzheimer dan Demensia

FAJAR.CO.ID--Salah satu cara mengasah kemampuan otak agar tetap cemerlang di usia tua, yaitu dengan mengisi teka-teki silang.Teka-teki silang (TTS) adalah permainan klasik yang dikenal sejak lama dan digemari oleh semua kalangan masyarakat.

Dikutip dari klikdokter.com, biasanya, TTS terdapat dalam salah satu kolom di surat kabar atau tersedia dalam bentuk buku. Oleh sebagian orang, TTS kerap digunakan untuk mengisi waktu luang dan mengusir kebosanan. Namun ternyata, TTS memiliki sejumlah manfaat untuk otak.

Mempertajam ingatan

Bermain teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengisi TTS mengharuskan Anda untuk terus berpikir serta menganalisis. Selain itu, bermain TTS juga dapat membantu mempertajam ingatan, khususnya ingatan jangka pendek.

Sering kali pertanyaan dalam TTS menuntut Anda untuk membongkar ingatan mengenai nama tempat, nama tokoh, peristiwa, istilah-istilah tertentu, kata dalam bahasa asing maupun bahasa daerah, dan sebagainya. Hal tersebut akan kembali menyegarkan ingatan Anda.

Secara tidak langsung, TTS pun dapat meningkatkan kecerdasan verbal (bahasa) karena kosakata Anda akan makin diperkaya dengan seringnya Anda mengerjakan TTS.

Dengan tingkat kesulitan yang beragam, teka-teki silang juga dapat melatih kemampuan Anda memecahkan masalah. Selain itu, kemampuan untuk fokus dan konsentrasi juga amat diasah dengan permainan sederhana ini.

Mencegah Alzheimer dan Demensia

Tak berhenti disitu, teka-teki silang pun dapat mencegah Anda mengalami demensia dan Alzheimer. Demensia atau pikun adalah kondisi dimana sel otak mengalami penurunan fungsi yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan mengingat, sulit melakukan aktivitas sehari-hari, dan lupa akan pengalaman atau kejadian sebelumnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...