Pilkada Soppeng, Andi Kaswadi Sisa Tunggu Lawan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pilkada Serentak di Soppeng, sepertinya kurang menarik. Maklum, Bupati Petahana Andi Kaswadi Razak sisa menunggu lawan di kontestasi. DPD Golkar sudah menyatakan akan mencalonkan petahana, A Kaswadi Razak. Sementara PDIP Soppeng menyiapkan ketuanya, A Mapparema untuk maju menjadi penantang petahana.

Ketua Bappilu Golkar Soppeng, A Wadeng menegaskan, sebagai pemenang pemilu, partainya bersyarat mengusung kader sendiri. “A Kaswadi. Keputusannya sisa diplenokan dalam rapat internal,” kata A Wadeng.

Dengan torehan hasil 12 kursi pada pileg 2019, partai ini makin percaya diri. Perolehan kursi ini naik dibanding pemilu 2014 yang hanya meraih tujuh kursi.

“Kapasitas beliau tidak diragukan lagi. Selain mampu membawa perubahan di Soppeng, juga sukses membesarkan partai,” tambah A Wadeng.

Ketua Bappilu PDIP Soppeng, Ibrahim menambahkan partainya sudah menyiapkan penantang petahana. Meski partai ini perlu tambahan koalisi satu kursi sebagai syarat mengusung, tidaklah sulit. Dengan capaian lima kursi, optimis bisa mendapatkan tambahan koalisi dari partai lain.

“PDIP Sulsel memunculkan nama Ketua PDIP Soppeng, A Mapparema maju pilkada 2020. Posisi yang diincar sebagai calon bupati Soppeng,” kata Ibrahim.

Partai Demokrat Soppeng tidak mau jadi penonton. Partai ini menyiapkan kader terbaiknya untuk maju pilkada mendatang. “Demokrat punya kader potensial. Adu dua kader punya potensi, yakni Selle KS Dalle (anggota DPRS Sulsel) dan Ketua Demokrat Soppeng, Haeruddin Tahan,” ungkap Wakil Ketua Demokrat Soppeng, Abu Bakar.

Wakil Naik

Di Bulukumba, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengaku belum melirik pilkada. “Belum ancang-ancang, tahapan Pilkada juga belum dimulai,” terangnya.

Meski demikian dirinya tetap menunggu restu DPW dan persetujuan DPP Nasdem. Apalagi Nasdem di bawah kepemimpinannya juga berhasil merebut kursi pimpinan dan peraih suara terbanyak.

Untuk saat ini dirinya pergunakan untuk mendengar dan menyimak keinginan masyarakat. Dia akan meminta restu atau mappatabe kepada Bupati Andi Sukri Sappewali.

“Setidaknya beliau banyak memberikan saya ruang untuk belajar dan melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sesuai fungsi saya selaku wakil bupati,” tambahnya.

Berbeda halnya dengan Ketua PPP Bulukumba, Askar HL. Dia mengaku intens berkomunikasi dengan sejumlah pimpinan parpol untuk menjajaki koalisi. Bahkan, beberapa waktu lalu dirinya telah bertemu dengan mantan Bupati Bulukumba periode 2010-2015, Zainuddin Hasan dan dilamar untuk berpaket. Meski Zainuddin hanya posisi cawabup.

“Kami terus bergerak melakukan konsolidasi dan komunikasi, sudah banyak yang menawarkan diri berpasangan, untuk hasilnya kami menunggu waktu yang tepat,” terang mantan calon bupati periode 2015-2020 itu.

Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki juga menyatakan diri siap bertarung pada perhelatan Pilkada nanti. Dia mengaku mendapat dorongan kuat dari masyarakat untuk merebut kursi 01 di Bulukumba.

“Kami terus membangun komunikasi dengan parpol, semoga komunikasi ini bisa berlanjut pada tingkatan lebih serius,” ucap dia. (ica-fit-rin-fkt-sir-rus-asr-shd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...