PNS Ini Bakal Diberhentikan Sementara, Tersandung Kasus Tipikor

FAJAR.CO.ID,TANJUNG REDEB -- Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau bakal memberhentikan sementara Suriadi, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi tersangka dan telah ditahan dalam kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Kampung (ADK) Balikukup.

Kepala BKPP Berau Abdul Rifai mengatakan informasi terkait Suriadi yang terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) tersebut diterima pihaknya setelah penyidik kepolisian melimpahkan kasus itu ke kejaksaan beberapa hari lalu.

Rifai mengakui setelah mendapat informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang merupakan instansi tempat Suriadi bekerja, untuk memastikan hal tersebut dan menunggu laporan penahanan Suriadi dari pihak kejaksaan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kesbangpol dan paling lambat besok (hari ini,red.) mereka sampaikan laporan kepada kami secara tertulis bahwa salah satu pegawainya sedang ditahan,” jelas Rifai kepada Berau Post, Senin (25/6).

Ia menjelaskan, sesuai dasar hukum yang dipedomani pihaknya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Kepegawaian, Pasal 276 huruf C. “Intinya disebutkan bahwa pegawai yang ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana akan diberhentikan sementara,” ujarnya.

Karena itu, BKPP menunggu laporan secara tertulis dari Kesbangpol Berau sebagai dasar pihaknya menggelar rapat tim yang akan memutuskan pemberhentian sementara terhadap Suriadi. Pemberhentian sementara ini juga, dikatakannya berlaku sampai adanya putusan tetap (inkrah) dari pengadilan terhadap pegawai yang bersangkutan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...