RS Pangkep Terapkan Fingerprint, Pasien Malah Jadi Susah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP– Kebijakan pendaftaran pelayanan kesehatan dengan menggunakan fingerprint atau sidik jari, juga mulai diterapkan di RSUD Kabupaten Pangkep yang telah berganti nama menjadi RSUD Batara Siang.

Direktur RSUD Batara Siang, dr Annas Ahmad menjelaskan, khsusus di RS Pangkep sendiri diterapkan di tiga poli pelayanan yang ada di RS tersebut, yaitu di Poli Mata, Poli Jantung dan Poli Fisioterapi.

Dijelaskan, kebijakan ini diharapkan lebih memudahkan pengelolaan administrasi berkas di Rumah Sakit, sebab seluruh data akan terintegrasi.

Merokok di RSUD Pangkep Siap-siap Masuk Penjara dan Denda Rp50 Juta

“Iya kita juga sudah mulai terapkan secara bertahap. Saat ini sudah ada tiga poli yang memakai sistem fingerprint ini,” bebernya.

Senada dengan itu, Humas RSUD Batara Siang, Mansyur membeberkan ada berbagai kendala yang ditemui pasien selama penerapan fingerprint ini.

Di antaranya, waktu menunggu pasien lebih lama dari biasanya. Kondisi antrean yang didahului dengan fingerprint bakal menyulitkan pasien lansia dan yang sakit pada umumnya. Sebab, tidak bisa lagi diwakilkan keluarganya untuk mengambil nomor antrean.

Sambut Tim SNARS, Manajemen RSUD Pangkep Optimis Raih Akreditasi Paripurna

“Kita melihat semenjak penerapan fingerprint ini, waktu tunggu pasien lebih lama,” ucapnya.

Tidak hanya itu, sulitnya mengambil sidik jari pasien menjadi salah satu kendala yang dihadapi manajemen RS.

“Beberapa pasien juga susah kita ambil sidik jarinya. Biasanya ada yang sulit terbaca dan berbagai penyebab lain, sehingga alat sulit mendeteksi,” jelasnya.

Tunggakan BPJS Kesehatan di RSUD Pangkep Caai Rp16 Miliar

Pihaknya juga masih mempertimbangkan untuk pengadaan alat fingerprint kedepannya. Pihak RSUD yang mulai memberlakukan sistem ini sejak awal Juni mengaku masih memikirkan kembali untuk memberlakukan sistem ini untuk semua poli pada Oktober mendatang.

“Bulan Okober keseluruhan pasien sudah harus menggunakan ini. Tetapi jika memberatkan kita akan sesuaikan dengan kondisi anggaran yang tersedia saja,” imbuhnya, Selasa (25/6/2019). (fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...