Van Gaal: Messi Bertanggung Jawab atas Kegagalan Barcelona di Liga Champions

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Mantan pelatih Barcelona, Louis van Gaal menegaskan, kegagalan klub Catalan itu meraih gelar Liga Champions dalam beberapa musim terakhir tak hanya tanggung jawab pelatih. Lionel Messi selaku kapten dan bintang klub juga mesti bertanggung jawab untuk hal ini.

“Saya pikir Messi harus bertanya pada dirinya sendiri bagaimana mungkin ia belum pernah memenangkan Liga Champions dalam waktu begitu lama. Saya tidak berada di ruang ganti maupun di pelatihan Barcelona. Saya tidak bisa menilai. Saya suka Messi sebagai pemain individu. Dia adalah pemain individu terbaik di dunia karena statistiknya luar biasa. Saya suka itu! Tapi mengapa belum memenangkan Liga Champions sejak lima tahun lalu? Mengapa?” tegasnya di El Pais.

Barca memiliki kualitas tim luar biasa. Makanya, menurut eks pelatih Manchester United itu, Messi harus bertanya pada diri sendiri kenapa mereka gagal. “Sebagai kapten, Anda harus bertanya pada diri sendiri mengapa tim tidak menang di Eropa. Barça memiliki pasukan yang luar biasa. Anda tidak dapat mengatakan bahwa Rakitic buruk, atau bahwa Coutinho buruk, atau bahwa Alba adalah pemain buruk, atau Ter Stegen kiper yang buruk, atau Arthur atau Vidal ...! Saya pikir Messi juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Barcelona. Bukan hanya Pelatih. Para pemain memiliki tanggung jawab besar atas apa yang terjadi dengan tim,” ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...