Babak 8 Besar Copa America: Ujian Berat Sang Jawara

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Copa America 2019 memasuki babak delapan besar. Delapan tim terbaik Amerika Selatan akan saling sikat untuk mencari empat tiket semifinal. Sang juara bertahan, Cile mendapat testing (ujian) terberat.

Cile yang menjadi kampiun Copa America dua edisi terakhir harus berhadapan dengan salah satu kandidat juara, Kolombia di perempatfinal setelah kalah 0-1 dari Uruguay di laga pamungkas Grup C. Gol Edinson Cavani di menit ke-82 membuat Cile disalip Uruguay di puncak klasemen.

Dibandingkan tiga pertandingan lainnya, duel Cile dan Kolombia ini adalah bigmatch babak delapan besar Copa America 2019. Seperti diketahui, Brasil, Argentina, dan Uruguay yang merupakan kolektor gelar Copa terbanyak hanya akan ditantang Paraguay, Venezuela, serta Peru.

Di atas kertas, Brasil, Argentina, dan Uruguay tidak akan mendapat kesulitan berarti untuk melangkah ke semifinal. Sementara La Roja, julukan Cile, meski berstatus juara bertahan, mereka jelas tidak akan lebih favorit dari Kolombia.

Sepak terjang Kolombia di Copa America kali ini memang sangat luar biasa. Dari delapan negara yang melewati fase grup, Uruguay adalah satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna di fase grup. Mereka bahkan mampu menggasak Argentina dua gol tanpa balas di laga pembuka Grup B.

Tapi, Pelatih Cile, Reinaldo Rueda yang dituntut mengikuti jejak dua pendahulunya; Jorge Sampaoli dan Juan Antonio Pizzi yang sukses mempersembahkan gelar Copa America 2015 dan Copa Centenario 2016 sepertinya tak gentar. Meski mengaku kekalahan dari Uruguay menjadi pukulan menyakitkan, ia menegaskan pasukannya bermain bagus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...