Inovasi Teknologi Grab Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Sejahterakan Mitra

Rabu, 26 Juni 2019 - 21:11 WIB
Foto: Tawakkal/FAJAR

Fajar.co.id, Makassar — Peran Grab sebagai everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, tak lepas dari komitmen untuk terus mendorong perekonomiannegara dan senantiasa selalu mensejahterakan mitra pengemudidi seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, Grab telahberkontribusi sebesar 48,9 triliun rupiah bagi perekonomianIndonesia. Tak cuma transportasi, bisnis layanan pesan-antarmakanan GrabFood juga berkembang pesat di Indonesia, beroperasi di 178 kota di Indonesia dengan volume pengirimantumbuh hampir 10 kali lipat pada tahun 2018.

Kehadiran inovasi teknologi dari Grab juga membantumeningkatkan produktivitas mitra pengemudi dan merchant. Rata-rata pendapatan mitra pengemudi layanan transportasi rodadua (GrabBike) kini meningkat hingga 113 persen, di mana pendapatan mereka berkisar di 4 juta rupiah setiap bulannya. Sementara, rata-rata pendapatan mitra pengemudi layanantransportasi roda empat (GrabCar) meningkat hingga 114 persen, dengan kisaran pendapatan 7 juta rupiah di setiap bulannya.

Untuk layanan pesan antar makanan (GrabFood), rata-rata penjualan merchant di kota-kota besar Grab beroperasitumbuh hingga 25 persen, di mana 60 persen merchantGrabFood puas dengan hasil penjualan dengan rata-rata total penjualan 11 juta rupiah per bulan tanpa investasi ekstra.

Inovasi teknologi Grab yang sangat inklusif, juga membantumitra pengemudi yang berusia lebih tua bisa lebih mudahmenggunakan semua layanan, di mana 29 persen mitrapengemudi GrabBike berusia 41 ke atas dan 36 persen mitrapengemudi GrabCar berusia 41 ke atas mudah mengoperasikanGrab sebagai everyday superapp.

Kesejahteraan mitra pengemudi juga menjadi prioritas utama Grab. Beriringan dengan program Grab Mitra Sejahtera untuk meningkatkan kualitas hidup mitra pengemudi GrabBikedan keluarganya dengan mengutamakan sejumlah inisiatif.

“Kami ingin menyampaikan kepada mitra pengemudi bahwakami peduli dengan mereka. Kami menawarkan program benefit dan kesejahteraan yang paling komprehensif di Indonesia, yang juga mencakup asuransi kecelakaan selama perjalanan denganGrab, berbagai kerja sama dengan institusi keuangan untukmenawarkan pinjaman pembelian rumah, pinjaman kendaraan, dan pinjaman modal kerja,” kata RidzkiKramadibrata, President of Grab Indonesia.

Dengan program ini, kata dia, mereka akanmendapat kesempatan untuk dapat memiliki aset pribadi sepertirumah, sekaligus membangun ekuitas atau kendaraan pribadi. Pihaknya pun telah menjadi pelopor standar kesejahteraan yang menjadi panutan.

“Tetapi kami percaya kami dapat meningkatkan standarini lebih lagi untuk bersama-sama tumbuh dengan mereka. Kami akan terus berinovasi dan berusaha untuk memberikan berbagihal yang lebih baik, karena kami tahu hal ini dapat terusmengembangkan kehidupan mitra pengemudi. Ekosistem Grab juga terus bertumbuh dengan semakin banyak mitra danlayanan, dan kami pun akan terus memberikan keuntungan yang lebih banyak lagi untuk mitra pengemudi kami,” ujarnya.

Kini, Grab memiliki jangkauan terluas di 336 kota yang tersebardi 8 negara dengan lebih dari 152 juta unduhan aplikasi, termasuk Indonesia tempat Grab beroperasi di 222 kota dariSabang hingga Merauke, di mana Grab menjadi pemimpindalam layanan transportasi on-demand yang menguasai 60 persen pangsa pasar roda dua dan menguasai 70 persen pangsapasar roda empat. (rls/sam)