Dinas Tata Ruang Sudah Segel Tiga Bangunan, Satu Dibongkar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Selama enam bulan, Dinas Penataan Ruang Kota Makassar sudah melakukan penertiban kepada empat unit bangunan. Tiga bangunan disegel dan satu bangunan lainnya terpaksa dibongkar.
Seksi Pengaduan dan Pengawasan Ruang dan Bangunan Dinas Penata Ruang Kota Makassar, Hermin menjelaskan, bangunan tersebut terpaksa ditertibkan. Lantaran, pemilik bangunan mengindahkan surat teguran yang dilayangkan.
Kata Hermin, sesuai Perwali 25/2014, maka Dinas Penata Ruang memiliki tugas untuk melakukan penertiban bangunan. Bangunan yang tidak didasari IMB, hingga memiliki IMB tetapi tidak sesuai peruntukannya.
“Bangunan yang ditertibkan terdiri dari, dua ruko, satu gudang, dan satu kantor. Khusus untuk ruko di Jalan M. Tahir, memiliki dua pelanggaran. Pertama, IMB tidak sesuai peruntukannya. IMB rumah faktanya berfungsi ruko. Kemudian juga melanggar garis sempadan bangunan,” papar Hermin, Kamis (27/6/2019).
Lebih jauh, Hermin menemukan fakta di lapangan bahwa, masih ada masyarakat belum paham tentang IMB. Lalu, ada masyarakat yang tidak tahu mengurus IMB, hingga ada masyarakat sudah tahu tetapi tidak mengurus IMB.
“Kami (Dinas Penata Ruang Kota Makassar) melakukan penertiban sesuai prosedur. Surat teguran pertama dan kedua berisi himbauan agar pemilik bangunan memberhentikan kegiatan sembari memenuhi kewajiban untuk dilakukan perbaikan,” jelas Hermin.
“Untuk surat teguran ketiga sudah dilakukan penyegelan bangunan (tidak boleh ada aktivitas pelaksanaan fisik) dan diminta membongkar bangunan sendiri. Bilamana dalam tujuh hari tidak diindahkan, maka Pemkot melalui dinas terkait akan membantu membongkar,” sambungnya. (smd)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Rasid+Alfarizi

Comment

Loading...