Hobi Memancing Bacalah Doa Ini.. InsyaAllah Tangkapan Banyak..

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Tujuan utama dari memancing adalah untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak, baik memancing di kolam, memancing di sungai, memancing di laut, dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil pancingan yang terbaik, banyak upaya yang digunakan si pemancing untuk mencapai tujuan ini.

Mulai dari menyiapakan peralatan memancing, umpan memancing dengan kualitas jempolan, hingga menentukan waktu dan spot tertentu sebelum memancing.

Segala usaha diatas adalah sebagi bentuk ikhtiar yang baik untuk mendapatkan hasil pancingan sesuai dengan yang diinginkan. Yaitu mendapatkan ikan yang banyak. Namun, segala upaya tersebut tidaklah cukup.

Alangkah baiknya jika segala upaya yang akan kita kerjakan, apapun itu, dimulai dengan berdoa. Agar mendapatkan berkah dan pertolongan oleh Allah.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa doa adalah bentuk satu kesatuan yang tidak boleh ditinggalkan dalam berikhtiar untuk mencapai suatu tujuan. Berikhtiar saja tanpa berdoa sama dengan sombong karena merasa tidak perlu pertolongan dari Allah.

Begitupun sebaliknya. Hanya berdoa saja tanpa berikhtiar adalah sia-sia. Sunnatullahnya adalah kita selalu berikhtiar dengan diiringi doa. Begitupula dengan memancing. Sebelum melakukan kegiatan memancing, hendaknya diiringi dengan doa memancing.

Doa memancing sendiri sebenarnya tidak ada riwayatnya satu pun pada zaman Rasulullah hidup. Namun, secara umum terdapat doa yang dapat digunakan dalam doa memancing sebagai bentuk ikhtiar kita untuk mendapat rizki dari Allah.

Dalam syariat Islam, terapat perbuatan yang merupakan bentuk ibadah dan juga ada perbuatan yang bernilai ibadah. Contohnya adalah makan. Makan adalah hal yang mubah. Ketika sebelum makan kita berdoa dan diniatkan supaya badan kita kuat dan sehat sehingga dapat bekerja dan beribadah, makan kita adalah dapat bernilai ibadah.

Begipula dengan memancing. Memancing adalah hal yang mubah. Jika sebelum memancing kita berdoa terlebih dahulu dan memancing tersebut diniatkan unutk memberi makan keluarga, maka kegiatan memancing kita akan bernilai ibadah dan mendapat pahala.

Namun sebaliknya. Jika kegiatan memancing kita adalah untuk sekedar hobi semata, menghabiskan waktu dan biaya, hingga menelantarkan keluarga, hukumnya bisa menjadi makruh sampai ke haram.

Kembali ke topik doa memancing dalam Alquran. Sebenarnya tidak ada ayat khusus yang menjelaskan tentang doa memancing yang disebutkan dalam Alquran. Namun, bisa kalian simak sebuat ayat yang dapat menjelaskan tentang bab memancing.

doa memancing:

 

Artinya: Dan Dialah (Allah) yang menundukkan lautan (untuk kamu), agar kamu dapat memakan dari padanya daging yang segar (ikan)… (An Nahl: 14)

Artinya: Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan. (Al Maidah: 96)

Dari dua ayat diatas dapat dijelakan bahwa laut adalah salah satu tempat yang dapat digunakan untuk mendapatkan sumber makanan. Bahkan sampai bangkainya pun halal dimakan.

Perlu diketahui, bangkai dalam ajaran Islam adalah haram untuk dimakan. Sedangkan hewan laut, dalam hal ini ikan, yang menjadi bangkai mendapat pengecualian sehingga halal dimakan. (**)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...