Preview Brasil vs Paraguay: Jangan Remehkan!

Kamis, 27 Juni 2019 - 12:22 WIB
Timnas Brasil / AS

FAJAR.CO.ID, PORTO ALEGRE—Brasil akan ditantang Paraguay di laga pertama babak delapan besar Copa America 2019, besok pagi. Sepak terjang Paraguay selama Copa America dan head to head kedua negara jadi alasan Brasil untuk waspada.

DI ATAS kertas, Brasil akan menjadi menjadi favorit di Estadio do Gremio, Porto Alegre. Selain status sebagai tuan rumah, penampilan mereka di fase grup juga lebih meyakinkan ketimbang La Albirroja, julukan Paraguay.

Pada tiga pertandingan Grup A, Brasil mengoleksi tujuh poin hasil dua kemenangan dan sekali imbang. Sebaliknya, Paraguay hanya meraih dua angka di Grup B. Mereka bahkan cukup beruntung bisa lolos sebagai salah satu dari dua peringkat terbaik karena Jepang dan Ekuador imbang di laga pamungkas Grup C.

Akan tetapi, sebuah kesalahan jika Tim Samba meremehkan Paraguay. Sebab, meski terbilang beruntung, mereka pada dasarnya bermain luar biasa. Saat menghadapi Qatar, mereka sempat memimpin 2-0 sebelum mengakhiri laga dengan skor 2-2. Sementara ketika berduel dengan Argentina, mereka juga unggul terlebih dulu dan dipaksa imbang karena penalti kontroversial Lionel Messi.

Rekaman pertemuan kedua negara juga memperlihatkan bagaimana sulitnya Brasil mengalahkan kolektor dua gelar Copa America tersebut. Dari lima duel terakhir kedua negara, empat di antaranya berakhir imbang meski Brasil menang 3-0 di pertemuan terakhir.

Brasil sangat menyadari statistik ini. Makanya, penyerang sayap Selecao, Everton memperingatkan bahaya menghadapi tim Paraguay dengan menunjuk gelandang Derlis Gonzalez dan kiper Roberto ‘Gatito’ Fernandez sebagai contoh pemain berkualitas ekstrem.

“Meskipun mereka hanya meraih dua poin, itu adalah tim berkualitas tinggi yang telah menyingkirkan Brasil dari Copa América pada beberapa kesempatan,” kata sang winger kepada EFE seperti dikutip dari Ulti Mahora.

Kapten Brasil, Daniel Alves sependapat. Ia menegaskan, mereka mesti sangat fokus jika tidak ingin tersingkir. “Kami ingin mengambil langkah tegas menuju tujuan kami, kami tahu kesulitan masing-masing lawan, dan kami berharap untuk mempersiapkan fase baru kompetisi ini,” tegasnya.

Top skor Selecao, Philippe Coutinho sementara itu mencoba memompa semangat rekan setimnya. Ia meminta rekannya kembali menunjukkan performa bagus seperti saat menggilas Peru lima gol tanpa balas di laga terakhir fase grup.

“Di tim nasional, tanggung jawab selalu besar dan kami selalu berpikir untuk memberi lebih banyak. Sepak bola bersifat kolektif, dari sana kami harus terus bekerja untuk bermain dengan baik,” tegas Coutinho dikutip dari AS.

Pelatih Brasil, Tite yang akan kehilangan Casemiro di laga ini selalu melakukan perubahan di tiga laga awal. Namun formasi yang mereka pakai kontra Peru dimana Gabriel Jesus, Coutinho dan Everton dimainkan di belakang bomber, Roberto Firmino sepertinya akan kembali digunakan.

Soal pemilihan starter ini, Coutinho mengaku tidak masalah. “Kami semua siap, kami banyak berlatih untuk menjadi starter, kami harus fokus, selalu berusaha untuk meningkatkan permainan dalam setiap pertandingan,” tegasnya.

Di kubu Paraguay, pelatih Eduardo Berizzo berharap pemainnya bisa mengeliminir kesalahan di fase kncokout pertama ini. Ia juga meminta Miguel Almiron dan kawan-kawan bisa lebih kompak di lapangan. Khususnya dalam mengimbangi lini tengah Brasil.

Permintaan ini masuk akal jika berkaca pada laga sebelumnya. Ketika kalah 0-1 dari Kolombia, mereka tidak mampu mengembangkan permainan karena didikte di lapangan tengah. “Tanpa permainan yang memungkinkan kami bermain, kami tidak memiliki sepak bola yang bisa dijabarkan dalam serangan,” ujarnya di AS.

Sepanjang sejarah Copa America, kedua negara sudah bertemu 30 kali dengan Brasil meraih 13 kemenangan dan 10 hasil seri. Tapi, dalam lima pertemuan terakhir, Paraguy yang akan mengandalkan sang playmaker, Miguel Almiron di laga nanti bisa mengimbangi Brasil dimana kedua negara berbagi satu kemenangan dan tiga seri. (amr)

Prakiraan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Alves, Marquinhos, Silva, Luis; Arthur, Fernandinho; Jesus, Coutinho, Everton; Firminho

Pelatih: Tite

Paraguay (4-4-1-1): Fernandez; Piris, Alonso, Gomez, Arzamendia,; Gonzalez, Rojas, Sanchez, Rojas; Almiron; Cardozo

Pelatih:

Eduardo Berizzo

Komparasi Starter

6 gol 3

6 assist 2

28,1 tahun rataan usia 27

178,5 cm rataan postur 180,7 cm

 

Head to head

29/03/17 Brasil 3-0 Paraguay

30/03/16 Paraguay 2-2 Brasil

27/06/15 Brasil 1-1 Paraguay

17/07/11 Brasil 0-0 Paraguay

09/07/11 Brasil 2-2 Paraguay

Lima pertandingan terakhir Brasil

22/06/19 Peru 0-5 Brasil

19/06/19 Brasil 0-0 Venezuela

15/06/19 Brasil 3-0 Bolivia

09/06/19 Brasil 7-0 Honduras

06/06/19 Brasil 2-0 Qatar

Lima pertandingan terakhir Paraguay

23/06/19 Kolombia 1-0 Paraguay

20/06/19 Argentina 1-1 Paraguay

16/06/19 Paraguay 2-2 Qatar

09/06/19 Paraguay 2-0 Guatemala

06/06/19 Paraguay 1-1 Honduras

PEMAIN KUNCI

Top Skor

Brasil

Philippe Coutinho: 2

Everton: 2

Dani Alves: 1

Top assist

Roberto Firmino: 2

Fernandinho: 1

Philille Coutinho: 1

Paraguay

Top skor

Oscar Cardozo: 1

Derlis Gonzalez: 1

Richard Sanchez: 1

Top assist

Miguel Almiron: 2

(hanya satu orang pemberi assist)

Head to head Copa America

Main: 30

Brasil menang: 13

Paraguay menang: 7

Imbang: 10

CATATAN GOL

Total gol: 91

Gol Brasil: 61

Gol Paraguay: 30

Selisih gol: 31

REKOR SKOR

Kemenangan terbesar Brasil: 7-0

Kemenangan terbesar Paraguay: 2-0

Skor terbesar: 7-0 dan 5-2