Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok, Destinasi Baru yang Angkat Indonesia

1 Komentar

FAJAR.CO.ID –– Indonesia terakhir kali penjadi penyelenggaraan Motor GP tahun 1997, saat itu Max Biaggi keluar sebagai juara. Tahun 2021 nanti, Indonesia akan menjadi penyelenggara berikutnya, tepatnya di Mandalika, Lombok. Persiapan terus dilakukan agar ajang balap motor paling bergengsi itu berjalan lancar.

Pemerintah Indonesia akan memulai pembangunan fasilitas di dalam dan luar sirkuit Mandalika. Diantaranya pembangunan pelabuhan dan juga pembangunan jalan ke bandara.

Selain itu pembangunan sirkuit juga akan dimulai tahun ini. Rencananya sirkuit akan dibangun di area sekitar 105,4 hektar.

Di luar pembangunan, promosi juga digalakkan Pemerintah Indonesia dan operator MotoGP, Dorna. Terbaru, Dorna melalui akun media sosial MotoGP membeberkan rencana detail desain sirkuit Mandalika.

Dalam video berdurasi satu menit tersebut, MotoGP menyebut Sirkuit Mandalika akan digelar di pulau yang indah dan akan menampung 150 ribu penonton.

Sirkuit Mandalika bena-benr dimulai dari nol. Belum dibangun. Sejauh ini, baru gambar layoutnya yang sudah diketahui, di mana sirkut itu punya panjang 4,32 km dan 18 tikungan.

Trek balap yang punya konsep sirkuit balapan jalan raya itu diperlihatkan dalam konsep tiga dimensi.

Di akun Instagram MotoGP, Sirkuit Mandalika dalam tiga dimensi tampak sangat cantik. Sebuah trek disiapkan di tepi pantai dan dikelilingi gunung di wilayah timur Indonesia.

Di sekitar sirkuit, gambaran tiga dimensi juga memperlihatkan banyak hunian-hunian bagus dan elit di antara ruang hijau. Hunian itu akan dipakai untuk menampung wisatawan menonton MotoGP Indonesia pada 2021.

Sirkuit Mandalika akan punya 40 garasi motor di area paddock, menampung 93,200 di area grand stand, dan secara menampung 138,700 di area tanpa tempat duduk. Sementara untuk hospitality suite-nya, Sirkuit Mandalika bisa menampung 7,700 orang. (**/aci)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...