Gempa Tektonik 4,9 SR Guncang Soroako

FAJAR.CO.ID, LUTIM–Jumat, 28 Juni 2019 pukul 21:21 Wita, wilayah Soroako, Luwu Timur, Sulsel, diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 4,9 SR.

Berdasarkan citra koordinat gempa berada 2.56 LS – 121.54 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 21 kilometer arah timur Soroako, pada kedalaman 10 kilometer. Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II-III MMI di MorowaliII MMI di Toili; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Bara Hasibuan: PAN Siap Kawal Presiden Jokowi Memimpin Sampai 2024

Dua Kali Permalukan Erdogan, Imamoglu: Ini Kehendak Rakyat

Ribuan Kader Pemuda Muhammadiyah Hadiri Pembukaan Muswil XVII di Parepare

“Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” ungkapnya. (edo)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...