Minta Uang Rp2 Juta, Penipu Catut Nama Dosen Unhas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hati-hati penipu beraksi di WhatsApp. Nomor WhatsApp mengatasnamakan Dosen Ilmu Komunikasi Unhas Makassar, Abdul Gafar, meminta uang. Jumlahnya Rp2 juta.

Bila mendapat pesan dari nomor WA +62 857-5680-9409 untuk berhati-hati. Jangan percaya. Memang foto profil Abdul Gafar yang terpasang, akan tetapi, nomor itu bukanlah nomor Abd Gafar alias nomor WA itu adalah penipu.

Rekan Dosen Abd Gafar, Hasrullah, mengakui. Dia juga sempat dimintai uang sebesar Rp2 juta. Motifnya, seolah-olah Abd Gafar memerlukan uang secepatnya. “Jangan percaya itu. Penipu itu,” ujar Hasrullah yang juga Dosen Komunikasi Unhas, Jumat, 28 Juni 2019.

Tak berselang lama, nomor itu juga masuk ke pesan WA FAJAR.CO.ID Modusnya sama. Meminta uang Rp2 juta.

Sambil bercakap, seperti layar tangkapan smartphone, nomor itu menyapa seolah-olah Abd Gafar. Setelah memastikan incaran saling kenal. Dia pun memulai beraksi.

“Tdi ada kluarga telpon lagi butuh uang sda saya coba kirim tpi atm sya eror bisa pinjam dlu uang’nya nanti sya ganti..🙏🙏,” tulisnya.

“Butunya sekitar 2 jta,” tambahnya lagi.

Dia lalu mengirimkan nomor Rek: 1044009095A/N: Suryandi BRI: Saria. kode bank: 422.

Saat dicoba ditelepon. Dia mencoba mengalihkan. “Jangan dlu nelpon lagi sibuk ka. Di maros ka. Kabari ka saja klw suda dikirim,” tulisnya.

Abd Gafar mengakui jika rekan-rekannya sudah menghubungi untuk mengonfirmasinya. Dia meminta kepada rekan-rekannya yang mendapat WA, agar tidak percaya. Itu bukan nomor teleponnya.

“Sudah beberapa yang menghubungi saya. Termasuk rekan dosen, mahasiswa saya. Untuk semua jangan percaya,” ujarnya. Dia berharap agar pelaku bisa ditindaklanjuti oleh Tim Cyber Polda Sulsel. “Jangan sampai ada yang menjadi korbannya,” ungkapnya. (ham)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...