Sedotan Plastik Membahayakan, Alihkan ke Sedotan Stainless Steel untuk Menghindari Kanker

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sampah plastik kian menumpuk. Straw atau sedotan menjadi salah satu sampah plastik terbanyak yang sulit terurai

Banyak yang kini beralih di sedotan stainless steel. Dari segi kesehatan pun juga sangat bagus dibanding menggunakan sedotan plastik.

Spesialis Penyakit Dalam, Divisi Ginjal dan Hipertensi, Rumah Sakit Unhas, dr Dina Nilasari SpPD-KGH mengatakan, pada sedotan plastik biasanya mengandung bisphenol yang berbahaya jika masuk ke tubuh. Senyawa ini bersifat karsinogenik sehingga bisa memicu kanker.

Berbeda ketika menggunakan sedotan stainless steel karena tak mudah berkarat dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Hanya yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya agar dibersihkan menyeluruh karena bila tidak dapat mengganggu saluran cerna karena banyaknya bakteri.

“Sebenarnya sama saja dengan sendok atau garpu yang biasa kita gunakan di rumah bahannya stainless steel. Jadi tidak ada jangka waktu harus berapa lama yang penting higienis saja. Namun, Sedotan ini juga tentunya tidak terlalu baik bila digunakan pada minuman panas karena tentunya besi kan menghantarkan panas sangat cepat yah,” ujarnya.

Pada anak-anak pun juga tidak terlalu baik dari segi keamanannya. Bisa saja anak- anak akan bermain dengan sedotan besi lalu memasukkanya ke tenggorokan sehingga dalam penggunaannya perlu pengawasan dari orang tua.

Pengurangan sampah plastik dilakukan di beberapa cafe salah satunya La Tasse Cafe. Cafe ini juga mulai sadar akan bahaya sampah plastik untuk keberlangsungan ekosistem di bumi. Akhirnya, penggunaan sedotan stainless steel pun digalakkan. Bagi yang ingin mencicipi minuman akan disuguhkan sedotan ini. Sudah mulai dilakukan sejak Januari lalu. Namun, tak sedikit orang yang belum terbiasa dengan sedotan tersebut.

“Banyak yang kadang minta sedotan plastik. Kami bilang tidak bisa. Katanya belum terbiasa menggunakan sedotan stainless. Padahal, tidak mengubah rasa minuman dan tetap higienis karena kami melalukan perawatan pada sedotan kami,” ujar Barista La tasse Cafe, Iman.

Namun, penggunaan sedotan stainless belum digunakan untuk minuman take away. Setidaknya, ini akan dilakukan secara bertahap dan membiasakan para customer.

Di Makassar pun juga telah banyak menjual sedotan stainless steel. Salah satunya di My Eco Store Makassar. Toko ini menjual berbagai barang ramah lingkungan. Mulai dari sedotan stainless steel, tumblr, market bag, nature bag dari ubi serta sikat gigi kayu.

Owner, My Eco Store Makassar, Muhammad Rafly Junaedi mengatakan, barang tersebut dapat membantu masyarakat terbiasa untuk tidak menggunakan bahan dasar plastik. Seperti kebiasaan menggunakan tumbler untuk membeli minuman, tak perlu dibungkus lagi dengan gelas plastik. Atau menggunakan market bag untuk membungkus belanjaa. Untuk sedotan stainless steel bahkan bisa digunakan hingga bertahun-tahun karena bahannya merupakan besi anti karat sehingga aman digunakan untuk minum.

Sedotan stainless pun dijual satu pack sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Juga sudah termasuk dengan alat pembersih sedotan.

“Kami menjual produk ini melihat masih kurangnya market ini di Makassar. Sebagai kota besar tentunya Makassar pasti banyak menghasilkan sampah plastik. Sehingga kami ingin mengajak masyarakat untuk hidup tanpa plastik,” terangnya. (ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...