6 Tips Memenuhi Nutrisi Pascaolahraga

Minggu, 30 Juni 2019 21:18

FAJAR.CO.ID–Menjaga kesehatan sekaligus membentuk tubuh, hasilnya akan lebih maksimal jika Anda juga memperhatikan soal nutrisi setelah olahraga. Sayangnya – dilansir dari Healthline – masyarakat justru kerap tidak memperhatikan soal nutrisi ketika mereka fokus berolahraga. Akibatnya kualitas fisik mereka tidak semaksimal yang ditargetkan.Untuk memahami bagaimana makanan yang tepat bisa membantu Anda setelah berolahraga, kalian harus memahami konsep di bawah ini terlebih dahulu.Karbohidrat dan protein paling pentingSaat berolahraga, otot Anda menggunakan simpanan glikogennya untuk bahan bakar. Hal ini akan menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen. Glikogen sendiri adalah bentuk karbohidrat yang tersimpan dalam sel.Beberapa protein di otot juga mengalami kerusakan akibat beraktivitas fisik berat. Maka, setelah berolahraga, tubuh pun mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot.Nah, makan dengan nutrisi tepat setelah Anda berolahraga dapat membantu tubuh menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih cepat. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga.Adapun panduan yang bisa dilakukan mengenai nutrisi pasca olahraga, yaitu:

1. Perbanyak asupan protein

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup setelah berolahraga akan memberi tubuh Anda asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki sekaligus membangun kembali jaringan otot baru.Penelitian pun telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 20-40 gram protein dapat memaksimalkan pemulihan tubuh setelah berolahraga.

2. Jangan lupakan karbohidrat

Konsumsi karbohidrat pasca beraktivitas fisik dapat membantu memulihkan glikogen. Namun, perlu diketahui bahwa banyaknya glikogen yang terpakai sangat bergantung dengan olahraga apa yang dijalani.

Komentar