Bertaruh Nyawa demi Hidup Lebih Baik di Amerika

Minggu, 30 Juni 2019 19:16

Kamis (27/6) 100 tentara dan petugas imigran dikerahkan untuk merazia KA. Puluhan imigran yang naik di atas gerbong ditangkapi. Sekitar 500 imigran lainnya ditangkap saat razia di hotel, terminal bus, dan jalan tol. Di Veracruz, 134 imigran di dalam trailer diamankan. Mereka ketahuan setelah berusaha menjebol pintu trailer yang dikunci dari luar. Mayoritas dalam kondisi lemas karena dehidrasi.Meksiko memang harus berjuang keras jika tidak ingin ekonominya terpuruk. Presiden AS Donald Trump mengancam akan menerapkan tarif atau pajak 5 persen pada semua produk Meksiko yang masuk negaranya. Jika gagal, tarifnya bisa terus naik hingga 25 persen. Bagi Meksiko, itu pukulan keras. Sebab, selama ini mayoritas produk mereka dijual ke AS.Karena itu, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengerahkan sekitar 6 ribu Garda Nasional. Mereka ditempatkan di wilayah perbatasan bagian selatan untuk menghentikan arus imigran agar tak sampai ke AS. ”Kami sudah melakukan penangkapan di penjuru negara bagian,” ujar Delegasi Institut Imigrasi Veracruz Edgar Gonzalez Suarez seperti dikutip AP. Mayoritas yang tertangkap adalah warga Honduras dan Guatemala.

Video HUT Claro MakassarJokowi: Saya Yakin Prabowo-Sandiaga Inginkan Negara Adil dan MakmurSetelah Bebas, Vanessa Angel Langsung Teken Kontrak dengan Dua Stasiun TV

Kalau toh mereka berhasil sampai di perbatasan Meksiko-AS, perjalanan selanjutnya juga tak mudah. Pemerintah AS sangat ketat menyeleksi para pencari suaka. Dibutuhkan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sebelum mereka diproses. Mereka yang tak sabar memilih untuk menyeberang secara ilegal dan bertemu maut dalam wujud yang lain, tenggelam.

Bagikan berita ini:
3
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar