Kalahkan Marquez, Vinales Juara MotoGP Assen

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, ASSEN—Pembalap Yamaha, Maverick Vinales menjadi raja balapan MotoGP Assen, Belanda. Rider Spanyol itu mengalahkan jagoan Honda, Marc Marquez yang finis kedua. Podium terakhir menjadi milik rider Yamaha lainnya, Fabio Quartararo.

Jalannya Balapan
Pada balapan yang berlangsung Minggu, 30 Juni, Alex Rins dan Joan Mir melakukan start bagus untuk langsung memimpin. Sayang, Rins terjatuh di lap ketiga. Fabio Quartararo yang meraih pole position kemudian mengambil alih posisi terdepan.

Velentino Rossi harus meninggalkan arena balapan di lap 5 setelah terlibat insiden dengan Takaaki Nakagami. Hingga lap 8, Quartararo terus memimpin diikuti Marc Marquez, Maveric Vinales, Andrea Dovizioso, Joan Mir, dan Danilo Petrucci.

Lap ke-10 Marquez menyalip Quartararo untuk memimpin balapan. Namun Marquez hanya mampu bertahan sebentar. Quartararo kembali mengambil alih posisi terdepan saat dia melebar. Saat itu Vinales juga mulai menekan Marquez.

Setengah balapan, posisi tiga terdepan belum berubah. Namun, saat memasuki lap ke-14, Vinales mampu menyalip Marquez. Lap berikutnya, Vinales memimpin lomba setelah melewati Quartararo.

Memasuki sembilan lap terakhir, Vinales juga melebar di tikungan pertama. Posisi terdepan langsung diambialih Marquez. Tapi, sebelum lap ini berakhir, Vinales kembali melejit ke depan.

Masuk ke lap 20, lima terdepan ditempati Vinales, Marquez, Quartararo, Joan Mir, dan Dovizioso. Sedangkan Petrucci dan Franco Morbidelli terus mengekor di posisi keenam dan ketujuh. Pembalap lain tercecer jauh di belakang.

Di empat lap terakhir, Vinales dan Marquez mulai melepaskan diri dari Quartararo. Sedangkan Dovi dan Petrucci bergantian menempati posisi keempat. Posisi ini tidak lagi berubah hingga finis. (Trans7/amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...