Kawasan Padat di Tanah Abang Kebakaran

Minggu, 30 Juni 2019 - 17:09 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Sebanyak 64 bangunan semi permanen di Jalan Jatibunder RT 16/09, Tanah Abang, Jakarta Pusat terbakar, Minggu (30/6) dini hari. Beruntung dalam peristiwa kebakaran hebat itu tidak ada korban jiwa.

Kasie Ops Penanggulan Kebakaraan dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Syarifudin mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 04.45 WIB dini hari tadi. Karena bangunan yang terbakar merupakan bangunan semi permanen api menjalar dengan cepat.

“Kita terima berita itu pukul 04.40, karena bangunan ini semi permanen makannya api menjalar cukup cepat. Tadi kita data berdasarkan informasi yang kami dapat ada 64 bangunan,” kata Syarifudin, Minggu (30/6).

Pihaknya mengaku hingga saat ini belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan sebanyak 64 bangunan semi permanen di Tanah Abang ini. Syarifudin mengaku telah menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mencari tahu apa penyebab dari kebakaran ini.

Menurut Syarifudin, proses pemadaman terkendala karena pasokan air, sebab jalur ke Kali Ciliwung cukup curam untuk mengambil air atau menyedot air. Syarifudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. “Korban jiwa tidak ada. Untuk unit seluruhnya ada 28 unit yang kami diterjunkan. Saat ini pemadaman sudah selesai,” ucapnya.

Tempat Penampungan Sementara

Pascakebakaran yang menghanguskan puluhan rumah semi permanen di kawasan Tanah Abang, pihak Kecamatan Tanah Abang telah menyiapkan tempat penampungan sementara. Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu mengatakan, ada tiga tempat penampungan yang disiapkan oleh pihaknya.

Elly Ketua, Sudirman Sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Sulsel 2019-2023

Tidak Ada Oposisi, Yang Ada Semangat Bekerja Sama

Tidak Ada Oposisi, Yang Ada Semangat Bekerja Sama

“Tempat penampungan sementara sudah kami siapkan ya, khusus bapak-bapak ada di pos RW 09, kemudian untuk ibu-ibu dan anak-anak di Masjid Al-Ahyat dan kantor Kelurahan Kebon Kacang,” ucap Yasin.

Tak hanya itu, Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Pusat juga telah menyiapkan bantuan makanan dan pakaian bagi para korban kebakaran. “Konsumsi pagi tadi dan siang ini kami dapat bantuan dari Sudin Sosial Jakarta Pusat ya. Mereka juga dirikan tenda besar sebagai posko, Kebutuhan lain, seperti tikar, pakaian, dan baju sekolah untuk anak sudah kami siapkan. Tapi saat ini masih kami data berapa yang dibutuhkan,” pungkasnya. (jp)