Suara Terbanyak, Rachmad Saleh Kandidat Kuat Ketua DPRD Enrekang

Minggu, 30 Juni 2019 - 13:03 WIB
Rachmad Saleh

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Golkar memenangkan pileg di Enrekang dengan meraih enam kursi. Pengisian posisi kursi ketua mulai memanas.

Golkar Enrekang meloloskan dua petahana, Idris Sadik dan Dedi Bachtiar. Kemudian ada empat pendatang baru, Rachmad Saleh, Abd Wahid Arsyad, Henri Wasar dan Ismail Japar.

Ada dua nama mengerucut untuk memperebutkan kursi ketua. Ada petahana yang unggul dari sisi pengalaman, Idris Sadik. Politisi senior Golkar Enrekang ini sudah tiga periode menjadi legislator.

Sementara Rachmad Saleh merupakan peraih suara terbanyak. Perolehan pribadi lebih dari 5.000 suara ikut mengatrol Golkar bisa meraih 3 kursi di dapil III. Rachmad juga dikenal sebagai orang dekat bupati.

Rachmad menuturkan perolehan suara terbanyak disebutnya jadi modal untuk menjadi kandidat kuat Ketua DPRD. Meskipun banyak yang menyebutnya tak layak menjabat ketua DPRD nanti karena dicap orang baru jadi legislator. Namun menurutnya, terkait politik justru sudah kenyang pengalaman.

“Saya berpartai sejak 2008. Jadi sudah punya bekal. Apalagi saya juga Ketua Bappilu Golkar Enrekang. Bisa dinilai kinerjanya, Golkar berhasil menjadi pemenang. Kalau diberi amanah ya saya terima. Tergantung dari ketua partai,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Golkar Enrekang, Muslimin Bando mengatakan untuk penentuan posisi ketua DPRD tetap mengacu pada aturan yang ada. Sebagai ketua partai, tidak ada kandidat yang diistimewakan, semua kader diberi poris sama. Namun posisinya sebagai Bupati tentu dia harus mempertimbangkan kebijakannya nanti bisa mulus di DPRD.

“Pengalaman atau petahana juga jadi syarat. Peraih suara terbanyak juga masuk saya kira. Nanti kita lihat siapa,” terangnya. (fik)