247 Peserta di KTI yang Lolos Program DTS 2019

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Kompetensi di bidang komunikasi dan informatika harus ditingkatkan untuk menunjang produktivitas dan daya saing bangsa menuju era industri digital.

Untuk mendukung penguasaan keahlian di bidang tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) untuk 25.000 peserta yang disebar universitas dan politeknik negeri se-Indonesia termasuk Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Program DTS 2019 merupakan program pengembangan sumber daya manusia yang dilaksanakan Kemenkominfo sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional. Khusus untuk mitra Politeknik, skema pelatihan dikhususkan untuk alumni SMK.

Proses seleksi melalui tahap seleksi berkas yang dilanjutkan dengan test substansi terhadap 359 alumni SMK bidang TIK. Dari seleksi yang dilakukan, akhirnya diperoleh sebanyak 247 peserta dari berbagai daerah di Kawasan Indonesia Timur yang berhak mengikuti program DTS 2019 yang diadakan pada 1 – 31 Juli 2019 di kampus PNUP. 4 Skema VSGA yang dilaksanakan di PNUP antara lain: Junior Network, Administrator, Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Designer, Intermediate Animator.

Pembukaan/Briefing Digital Talent Schoolarship (DTS) 2019 untuk Vocational School Graduate Academy (VSGA) di PNUP dilaksanakan pada 1 Juli 2019 bertempat di Aula Kampus 1 PNUP.

Dihadiri oleh para peserta DTS, jajaran pimpinan dan segenap sivitas akademika PNUP, Kepala BBPSDMP Kemkominfo SulSel berserta tim, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Kejuruan, dan Wakil sekolah SMK.

“Program ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang profesional melalui peningkatan kualitas dan kapabilitas yang sesuai dengan kompetensi masing-masing sehingga mampu meningkatkan daya saing lulusan pendidikan vokasi di tingkat menengah untuk siap bersaing secara global dalam pasar kerja,” demikian disampaikan Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph. D.,  saat membuka kegiatan program DTS 2019, Senin (1/7) di kampus I PNUP.

Sementara itu menurut Ir. H. Ruslan Harun, M.M., Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian Kominfo Makassar, yang turut hadir pada pembukaan program DTS 2019 menyampaikan bahwa program ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo sebagai salah satu upaya untuk mengimbangi jalannya revolusi industri 4.0., serta sebagai salah satu usaha untuk memberikan keterampilan kepada siswa atau mahasiswa dari jalur vokasi yang belum mendapat kerja.

Melalui program DTS 2019, peserta akan dibekali dengan sejumlah kompetensi dari para pengajar yang berpengalaman di bidang kelimuan masing-masing sehingga pada saat terjun ke dunia kerja mereka memiliki kualitas tersendiri.

Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. Pelatihan akan dilaksanakan selama 18 hari, selanjutnya uji kompetensi akan dllakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P3. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...