Diabetes, Hindara Makan 4 Macam Buah Ini

Selasa, 2 Juli 2019 09:13

Satu buah anggur berukuran kecil terdiri atas 1 gram karbohidrat, yang berarti 15 buah anggur sama dengan 1 porsi buah. Namun, karena ukurannya yang kecil, sering kali seseorang menyantapnya dalam jumlah banyak.Buah anggur yang berukuran sedang biasanya memiliki indeks glikemik sekitar 59. Jadi, jika diabetesi mengonsumsi anggur secara berlebihan, gula darah bisa meningkat dengan cepat.

2. Pisang

Serat, baik yang mudah larut maupun tidak mudah larut, berperan penting untuk kesehatan Anda. Rekomendasi serat harian adalah 20 gram untuk wanita dan 26 gram untuk pria.Satu buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi 10-12 persen kebutuhan serat harian Anda. Namun sayangnya, buah pisang yang terlalu matang (ditandai dengan banyaknya bintik cokelat di kulitnya) mengandung kadar gula yang tinggi bila dibandingkan dengan buah pisang yang mentah.Sebagai contoh, buah pisang yang kulitnya masih berwarna hijau memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 30. Namun, pisang yang sudah matang dan berwarna kecokelatan bisa mengandung indeks glikemik yang sangat tinggi, yaiu 70. Jadi, jika ingin makan pisang, sebaiknya hindari yang terlalu matang.

3. Nanas

Nanas menawarkan kombinasi rasa asam dan manis yang khas dan menyegarkan. Menurut American Cancer Society, enzim bromelin yang terkandung di dalam nanas dapat memecahkan sejumlah protein yang ada di lambung dan mengurangi keluhan perut kembung dan begah.

Bagikan berita ini:
3
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar