Keluar Negeri, Politikus Nasdem Batal Diperiksa KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mangkir dari pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK telah menerima surat dari pihak Kementerian Perdagangan, bahwa Enggar telah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

“KPK telah menerima surat dari pihak Menteri Perdagangan RI yang seharusnya dijadwalkan pemerikaaannya sebagai saksi hari ini. Yang bersangkutan sedang berada di luar negeri sehingga meminta penjadwalan ulang,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (2/7).

Febri menuturkan, penyidik KPK telah mengagendakan penjadwalan ulang kepada politikus Partai Nasdem itu pada Senin (8/7) mendatang. KPK berharap, Enggar dapat memenuhi panggilan penyidik lembaga antirasuah. “KPK berharap pada waktu tersebut, saksi datang memenuhi panggilan penyidik dan menjelaskan secara terbuka informasi terkait perkara ini,” jelas Febri.

Sedianya, Enggar bakal diperiksa sebagai saksi dalam kasus penerimaan gratifikasi yang menyeret Bowo Sidik Pangarso. Penyidik salah satunya akan mengkonfirmasi soal temuan sejumlah dokumen terkait peraturan gula rafinasi. Hal ini yang akan menjadi poin penting KPK yang akan ditelisik kepada Enggar.

Nama Ennggar terseret ketika penyidik KPK menggeledah ruang kerja Enggar di Kementerian Perdagangan dan kediaman pribadinya di kawasan Kuningan. Proses penggeledahan di kantor Enggar terjadi pada (29/4) lalu.

Dari penggeledahan di kantor Kemendag, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait perdagangan gula. Sementara, penggeledahan di kediaman Enggar terjadi pada (30/4). Namun, ketika dilakukan penggeledahan, tidak ada satu pun benda-benda yang disita oleh penyidik.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...