Pacar Lama

Namun ruwetnya tetap saja mbulet. Akhirnya Kuok menulis surat yang berisi dua kalimat: mengundurkan diri.
Hanya dua tahun Kuok bisa bertahan di MSA. Tak lama kemudian MSA bikin sejarah baru: menjadi MAS dan SIA.
Dilakukanlah pembagian gana-gini. Kantor pusatnya menjadi kantor pusat SIA. Kan lokasinya di S.
Jalur penerbangannya dibagi dua: yang domestik menjadi bagian Malaysia. Rute internasional bagian S. Toh SIA tidak mungkin punya jalur domestik. Misalnya terbang dari ujung timur S ke ujung barat. Yang kalau ditempuh dengan mobil hanya dua jam.
Sebelum pisah itu MSA sudah punya banyak jalur internasional. Misalnya ke Kemayoran, Jakarta. Atau ke Medan. Juga ke Saigon dan Hong Kong. Ke Bangkok.
Otomatis jumlah pesawat yang 120 buah juga dibagi. Yang Boeing 707 dan 737-200 menjadi bagian Singapura. Agar bisa terbang lebih jauh.
Yang pesawat baling-baling semua menjadi bagian M.
Waktu itu nama MSA sangat top di dunia penerbangan Asia Tenggara. Karena itu nama baru perusahaan penerbangan M dan S harus mirip itu.
SIA pun awalnya akan menggunakan nama MSA. Singkatan dari Mercury Singapore Airlines.
Sampai sekarang Kuok tetap terkaya di Malaysia. Usianya sudah 95 tahun. Lahir di Johor Bahru, hubungannya dengan dua pemerintahan tetap baik, bahkan tahun laluMahathir Mohamad mengangkatnya sebagai dewan penasehat perdana menteri.
MSA sudah lama terpisah menjadi MAS dan SIA. Siapa menyana: pacar lama kadang memang bisa kembali lagi.(***)