Diduga Korsleting, Rumah Kontrakan Hangus Terbakar, Kerugian Puluhan Juta

Rabu, 3 Juli 2019 - 19:45 WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Diduga korsleting, sebuah rumah kontrakan ludes dilalap si jago merah, Rabu (3/7) sore.

Kebakaran menghanguskan sebuah rumah kontrakan milik Malidi (35), Warga RT 01 RW 4, Dusun Lewono, Kelurahan Beji, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Saksi mata Budi Wakimin (50), warga RT 01 RW 04 Kelurahan Beji, menuturkan, kebakaran terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Api yang berasal dari atas atap rumah dengan cepat merambat menghanguskan seisi rumah.

“Awal kejadiannya tahu-tahu ada api di atas, didalam sudah tidak ada penghuni, karena saat kejadian pada keluar untuk berjualan. Mengetahui diatas rumah ada api, dan kepulan asap warga sekitar lalu berteriak, lalu kami menghubungi Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang,” ungkapnya, Rabu (3/7).

Warga yang saat itu ada di lokasi secara bersama-sama bergotong royong untuk memadamkan api, sembari menungggu mobil pemadam tiba di lokasi karena memang jalan menuju lokasi tergolong cukup sempit.

Tak beberapa lama, satu unit mobil Pemadam Kebakaran tiba dilokasi, sekitar 30 menit api berhasil dipadamkan.

Sementara itu, penghuni rumah Sanwani (37) warga Bogor Jawa Barat, mengatakan, dirinya pagi memang berjualan seblak, sekitar 200 meter dari rumah yang dikontraknya, siang sebelum terjadinya kebakaran. Sekitar pukul 12.00 dua orang temannya sempat mengambil barang dagangan namun belum terjadi kebakaran.

Baru jam 16.00 ia mendapat telepon bahwa rumah yang dikontraknya terbakar.

“Rumah ini kosong, saya memang usaha seblak, pagi sudah pada berangkat kerja, saya baru di rumah yang satunya baru beres-beres, sebelum kejadian sempat dua teman saya kesini, tidak ada masalah apa-apa, lalu jam 16.00 dapat kabar rumah terbakar lalu dia langsung menuju lokasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, akibat kebakaran, sebuah motor Honda Vario miliknya yang terparkir dalam rumah, ikut hangus terbakar, kerugian sementara ditaksir sekitar 50 juta rupiah.

“Motor saya di dalam hangus, sama burung saya, kemungkinan konsleting karena ada dua tabung gas di dalam rumah kondisinya utuh,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kasus ini masih dalam penyelidikan oleh pihak Kepolisian untuk mengetahui pasti penyebab terjadinya kebakaran. [jie/rmoljateng]