Fasilitas Ditambah, DPMPTSP Targetkan Nilai Pelayanan Publik Meningkat

Rabu, 3 Juli 2019 - 16:30 WIB

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Bagian Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mewakili Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) melakukan penilaian pelayanan publik Pemerintah Kota Pekalongan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan, Senin (1/7). Ini kali ketiga DPMPTSP Kota Pekalongan mengikuti kompetisi pelayanan publik di Kemenpan RB RI.

Hal ini disampaikan Kepala DPMPTSP, Drs Supriono MM usai mendampingi Tim Evaluasi dari Bagian Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Kami sudah ketiga kalinya mengikuti kompetisi ini yang oleh Kemenpan RB dipilih dari 72 pemda atau tempat pelayanan di seluruh Indonesia,” papar Supriono.

Disebutkan Supriono, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Pekalongan yang dinilai adalah DPMPTSP, Dindukcapil, dan RSUD Bendan Kota Pekalongan, serta insansi vertikal Polres Pekalongan Kota.

“Kami sudah dua kali mendapat nilai B, belum pernah beranjak dari nilai ini, tidak berkurang atau bertambah. Kami berharap untuk tahun ini paling tidak mendapat nilai A minus (A-),” ungkap Supriono.

Supriono menyampaikan bahwa pihak DPMPTSP Kota Pekalongan mengusahakan untuk melengkapi fasilitas karena dari segi sistem pelayanan DPMPTSP sudah mantap dan stabil. Bahkan tahun ini sistem yakni aplikasi Sakpore di DPMPTSP Kota Pekalongan mendapat penghargaan dari Kemenpan RB.

“Aplikasi Sakpore yang kami canangkan akhir 2017 ini menjadi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan nanti pada 9 Juli 2019 akan kami paparkan di Kemenpan RB untuk kompetisi lagi di 45 Top Inovasi Pelayanan Publik,” jelas Supriono.

Sarana yang DPMPTSP Kota Pekalongan lengkapi berdasarkan hasil rekomendasi Kemenpan RB adalah untuk sarana pemohon perizinan yang difabel dilengkapi kamar mandi dan akses masuk untuk difabel.

Selain itu, ada juga tempat bermain, ruang pengaduan, dan ruang laktasi yang tahun lalu belum ada. “Dengan tambahan fasilitas ini semoga nilai DPMPTSP Kota Pekalongan dapat meningkat dibanding dengan tahun lalu,” tandas Supriono.

(yon)