Ma’ruf Amin Minta Jeruk Selayar Dikembangkan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Presiden terpilih, KH Ma’ruf Amin mengusulkan pengembangan jeruk Selayar lebih serius. Seperti membuat produk olahannya.

Bupati Selayar, Basli Ali menuturkan kesempatan pertemuan kekeluargaan dengan wapres terpilih KH Ma’ruf Amin dimanfaatkan untuk memperkenalkan jeruk Selayar. Komoditas andalan Selayar ini bahkan sempat dicicipi Ma’ruf dan keluarga, di kediamannya Jalan Situbondo No.12, Menteng, Jakarta, Selasa (2/7/2019)

Ma’ruf berpesan agar komoditas ini digarap serius. “Beliau (Kyai Ma’ruf) minta agar tidak hanya dalam bentuk buah tetapi sudah naik kelas. Seperti sudah dalam bentuk kemasan dan sebagainya. Sehingga lebih bernilai tambah,” ungkapnya kepada FAJAR.

Basli menambahkan pihaknya memang sudah mendorong agar masyarakat Selayar bisa kembali membudidayakan jeruk ini. Diakuinya, jeruk Selayar ini memang cukup unik. Meskipun ditanam di luar Selayar, rasanya tidak akan berubah. “Komoditas ini akan jadi prioritas berikutnya untuk dikembangkan. Ini bisa diekspor keluar bila sudah bagus dari sisi produksi dan kemasan,” tandasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sebelumnya memang menjadikan pengembangan jeruk Selayar sebagai salah satu programnya. Produksi jeruk Selayar semakin minim sehingga jeruk tersebut kalah bersaing dengan jeruk impor yang cenderung lebih banyak dijual di pasaran.

“Jadinya para petani tidak bersemangat memproduksi jeruk lokal, apalagi harga jual rendah. Harus ada upaya untuk mengembalikan kejayaan Jeruk Selayar, itu juga untuk menumbuhkan kearifan lokal, kata Nurdin.

Dia menambahkan bahwa jeruk impor jauh lebih diminati ketimbang jeruk lokal, dikarenakan jeruk impor dikemas secara modern sehingga memikat pembeli. Kata dia, pengusaha nasional asal Sulsel Aksa Mahmud sudah tertarik untuk membantu pengembangan jeruk ini. “Kita lemah di inovasi. Jeruk Selayar ini sebenarnya lebih sehat karena tanpa bahan pengawet. Dan vitamin C nya jauh lebih tinggi, pangkasnya. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...