Teliti Gaya Komunikasi Pengobatan TB Aisyiyah, Dosen UM Palopo Promosi Doktor di IPB

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Program Community Care Aisyiyah dalam meningkatkan kepatuhan pengobatan Penderita Tuberculosis di Kota Makassar telah mengantar Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Palopo, Muh Zainal Safruddin MSi ujian promosi di Sekolah Pascasarjana IPB Bogor.

Alumni MTs dan Madrasah Aliyah Ponpes Muhammadiyah Balebo Masamba ini diuji oleh Prof Dr Pudji Muljono MSi, Dr Basita Ginting Sugihen MA, Prof (Ris) Dr Ign Djoko Susanto, APU, Dr Dyah Gandasari MM, Dr Krishnarini Matindas MS. Sidang promosi doktor ini dipimpin Prof Dr Ujang Sumarwan MSc dan beranggotakan Dr Sarwiti Sarwoprasodjo MS.

Muh Zainal mengaku sengaja mengajukan disertasi berjudul Komunikasi Pembangunan Kesehatan Program ‘Community Care Aisyiyah’ dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengobatan Penderita Tuberculosis di Kota Makassar.

”Saya sebagai kader IPM dan IMM sangat tertarik mengkaji program Community Care Aisyiyah Makassar dalam pengobatan penderita Tuberculosis (TB) di Kota Makassar,” kata Zainal kepada FAJAR, Rabu, 3 Juli 2019.

Suami Sri Novianti ini menilai keberhasilan Aisyiyah Makassar dalam menekan jumlah penderita TB melalui jalan pengobatan dan pencegahan TB. Pengobatan dan pencegahan dapat dilakukan dengan pendekatan komunikasi.

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam pembangunan kesehatan. Terutama bagi penderita TB. Promosi doktor putra Mawa Kota Palopo berlangsung di ruang sidang Faperta Lv. 5 Wing 19 Kampus IPB Dramaga Bogor.

Muh Zainal lahir di Mawa, 18 Maret 1986. Semua pendidikan dari jenjang SD hingga MA diselesaikan di perguruan Muhammadiyah. Bahkan S1 pada jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar (2005 – 2010) dan S2 pada Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana IPB Bogor (2012 – 2015).

Program S3-nya kali ini konsentrasi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana IPB Bogor (2016 – 2019). (shd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...