Unifa Bangun Desa Cerdas di Pangkep

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Fajar (Unifa) menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Entrepreneur di Pemkab Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mulai 29 Juli mendatang. Dalam KKN ini, mahasiswa Unifa akan menggelar program Membangun Desa Cerdas untuk mendukung program kerja Bupati Pangkep.

Rektor Unifa Muliyadi Hamid menjelaskan, KKN tematik ini merupakan pengabdian yang berbeda dengan kampus lain. Perbedaan tersebut antara lain karena tahun ini Unifa akan fokus pada program Membangun Desa Cerdas.

“Desa cerdas yang kami maksud adalah bukan hanya saja pada pengembangan pengetahuan sumber daya masyarakat (SDM) masyarakat, tapi juga pada penguasaan teknologi. Hal inilah yang diharapkan akan mampu mendorong keterampilan masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka sesuai dengan semangat entrepreneur atau kewirausahaan,” jelas Muliyadi dalam Launching Universitas Membangun Desa (UMD) melalui KKN Tematik yang digelar Pemkab Pangkep bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Rabu 3 Juli 2019.

Deputi Bidang Akademik dan Kerja Sama Unifa Nur Khaerat Nur menambahkan, Desa Cerdas yang dimaksudkan adalah bagaimana masyarakat diberi keterampilan bidang teknologi informasi (TI), antara lain pembuatan profil desa berbasis internet, menangkal informasi palsu dan bagaimana menggunakan media sosial yang baik, serta pelatihan keuangan.

Dalam launching ini, Pemkab Pangkep menggandeng 17 perguruan tinggi negeri dan swasta seperti Universitas Gajah Mada, Unhas, dan UNM. Masing-masing perguruan tinggi membuat nota kesepahaman program yang akan dilaksanakan selama KKN serta pengabdian lainnya dan akan didukung Pemkab Pangkep.

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid dalam acara ini mengatakan hal penting yang sangat dibutuhkan masyarakatnya adalah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Hal ini hanya bisa diberikan melalui dunia kampus. Makanya, dia menggandeng sejumlah institusi untuk mewujudkan program UMD. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...