Dua Komisioner KPK Ingin Oppo, Siapa Dia?

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kejaksaan Agung telah mengirimkan lima orang jaksa untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Lima nama jaksa aktif tersebut dikirimkan Jaksa Agung, M Prasetyo melalui surat Pengusulan Pegawai Kejaksaan Republik Indonesia Untuk Mengikuti Seleksi Capim KPK dengan nomor surat: B-085/A/Cp.2/07/2019.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Mukri membenarkan lembaganya telah mengirimkan surat tersebut ke Pansel Capim KPK. Dia mengharapkan ada jaksa yang lolos seleksi sebagai pimpinan KPK jilid V.

“Iya benar, surat sudah kirim nanti kami lihat hasilnya seperti apa,” kata Mukri saat dikonfirmasi, Rabu (3/7).

Lima jaksa aktif yang disodorkan Kejagung yakni, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan, Sugeng Purnomo; Direktur Tata Usaha Negara pada JAMDatun, Johanis Tanak; Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Muhammad Rum; Kapus Diklat Manajemen dan Kepemimpinan pada Badiklat RI, Ranu Mihardja; Jaksa Koordinator pada JAMPidsus, Supardi.

Sebut Fairus Bau Ikan Asin, Galih Diperiksa Polisi Jumat

Double Wows

Sistem Zonasi dan Kesenjangan Pendidikan

Sementara itu, Wakil Ketua Pansel Capim KPK, Indriyanto Seno Adji menyampaikan, dua orang komisioner KPK periode 2015-2019 juga kembali mendaftarkan diri untuk menjadi calon pimpinan KPK jilid 5.

“Sampai saat ini sudah ada 191 pendaftar, ada 2 orang komisoner atau pimpinan KPK,” ujar Indriyanto.

Selain komisoner KPK, para calon juga banyak berasal dari kalangan advokat dan akademisi. “Advokat ada 43 orang, 40 orang akademisi, 18 orang pihak swasta, 13 orang jaksa dan hakim, 8 orang dari kepolisian, 3 orang auditor, dan sisanya terdiri atas berbagai latar belakang lainnya,” tambah Indriyanto.

Namun, ihwal nama-nama atau identitas lengkap calon yang telah mendaftar belum bisa diketahui. “Karena baru secara umum dilihat hanya jumlah atau kuantitas dan asal pekerjaan atau profesinya,” jelasnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...