Piala Afrika 2019 Tanpa Kejutan

FAJAR.CO.ID, KAIRO—Fase grup Piala Afrika 2019 selesai tanpa kejutan. Seluruh negara besar yang menjadi unggulan di grup masing-masing melenggang ke babak 16 besar. Termasuk Afrika Selatan yang meraih tiket terakhir.

Afsel lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik setelah Angola kalah dan Mauritania bermain di laga pamungkas Grup E. Dengan hasil itu, Afsel yang mengoleksi poin tiga menjadi negara keempat yang melengkap kontestan babak 16 besar sebagai tim peringkat ketiga.

Namun Afsel tidak akan berpesta terlalu lama setelah lolos dari lubang jarum. Pasalnya di babak 16 besar, juara Piala Afrika 1996 itu harus berhadapan dengan tuan rumah, Mesir. Mohamed Salah di fase grup menyapu bersih tiga pertandingan mereka dan menjadi juara Grup A.

Selain Afsel, Tunisia juga memastikan diri ke perdelapan final. Hasil imbang tanpa gol kontra Mauritania sudah cukup bagi mereka untuk menjadi runner up Grup E. Dengan poin tiga, Tunisia unggul satu poin di atas Angola dan Mauritania.

Sama seperti Afsel, Tunisia juga mendapat lawan berat di babak 16 besar. Sesuai skema turnamen, anak asuh Alain Giresse akan menantang Juara Grup F, Ghana. Ghana memastikan tempat mereka di fase knockout pertama setelah menang 2-0 atas Guinea-Bissau di Suez Stadium, dinihari kemarin.

Walau begitu, Giresse menegaskan kesiapan anak asuhnya untuk bertarung di babak 16 besar. Menurutnya, mereka akan melakukan evaluasi untuk beberapa kesalahan di fase grup dan akan berusaha mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi laga berikutnya yang akan lebih berat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...