Sembuh Total, Risma Diminta Latihan Renang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA–Meski harus duduk di kursi roda, wajah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini semringah. Dia terlihat antusias saat keluar dari lift lantai dasar Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya pukul 12.26 kemarin (3/7).

Direktur RSUD dr Soetomo, Joni Wahyuhadi dan beberapa tim medis mendampingi perempuan kelahiran 20 November 1961 itu. Juga jajaran pejabat Pemkot Surabaya. Risma tak berbicara banyak. Hanya berterima kasih kepada masyarakat. “Terima kasih semuanya sehingga saya cepat sembuh,” ujarnya.

Berdasar rapat evaluasi, tim dokter RSUD dr Soetomo memutuskan bahwa Risma bisa pulang dari rawat inap di Graha Amerta. Risma dirawat sejak Minggu (30/6). Sebelumnya, dia menjalani perawatan intensif di ICU GBPT sejak Selasa (25/6).

Dokter menyarankan Risma beristirahat di rumah setelah keluar dari rumah sakit. Juga, tidak melakukan aktivitas yang berat. ”Walaupun Bu Risma tinggal di rumah dinas, kami sarankan tidak ke kantor untuk bekerja,” kata Hardiono SpAn KIC KAKV, anggota tim dokter.

Istirahat total itu diharapkan bisa dilakukan selama sepekan mendatang. Untuk menghindari asmanya kambuh, Risma harus berjaga-jaga agar tidak terserang penyakit menular. Misalnya, flu. ”Meski hanya flu, itu juga bisa menjadi pemicu kekambuhan asmanya,” tegas Hardiono.

Sebab, infeksi paru-paru bisa kumat lagi apabila daya tubuh seseorang menurun. Selain itu, lanjut dia, selama menjalani rawat jalan, Risma harus meminum obat-obatan yang diberikan dokter.

Ahok Maju Pilpres 2024, Alumni PA 212: Sudahlah Dia Sudah Tamat

Terbongkar Mudus Jual Beli Kuota PPDB

PHI Kurangi Pemakaian Sedotan Plastik di Setiap Event

Joni menambahkan, Risma sembuh lebih cepat daripada perkiraan dokter. Secara keseluruhan, kondisi Risma kemarin baik. Fungsi pernapasan, sirkulasi darah, tekanan darah, serta pencernaan dalam kondisi baik. Untuk membantu pemulih­annya hingga normal kembali, diberikan obat-obatan untuk rawat jalan. Di antaranya, obat penurun darah tinggi, paru-paru, dan pengencer darah. Risma dijadwalkan kontrol di RSUD dr Soetomo Rabu pekan depan.

Selama menjalani pemulihan, Risma disarankan untuk melakukan latihan pernapasan. ”Latihannya cukup napas biasa. Tapi, ritme napasnya lebih diatur,” tutur Joni.

Jika sudah sembuh total, lanjut dia, Risma dianjurkan mulai berlatih renang. ”Yang jelas, RSUD telah memberikan pengobatan yang maksimal untuk Bu Risma,” tegasnya. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment