Sukses Pertahankan Disertasi, Dosen UM Palopo Raih Gelar Doktor di IPB

Kamis, 4 Juli 2019 - 21:34 WIB
Muh Zainal Safruddin saat mempertahankan disertasi.

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Dosen Universitas Muhammayah (UM) Palopo, Muh Zainal Safruddin MSi berhasil meraih gelar doktor di Sekolah Pascasarjana IPB Bogor, Kamis, 4 Juli 2019.

Pemuda berusia 33 tahun ini meraih gelar doktor setelah mempertahankan disertasi berjudul Komunikasi Pembangunan Kesehatan Program ‘Community Care Aisyiyah’ dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengobatan Penderita Tuberculosis di Kota Makassar.

Di depan penguji Prof Dr Pudji Muljono MSi, Dr Basita Ginting Sugihen MA, Prof (Ris) Dr Ign Djoko Susanto SKM APU, Dr Dyah Gandasari, Sp, MM, Dr. Krishnarini Matindas, MS, Zaenal menjelaskan commodity TB Care Aisisyiah Kota Makassar dalam menangani penyakit menular yang mematikan ini ada dua.

Di mana, menggunakan pendekatan kuatif atau pengobatan. Ujung tombak pada pendekatan ini adalah kader Aisyiah. Kader yang mencari dan menemukan terduga penderita TB. Lalu pendekatan promotif dalam bentuk advokasi, komunikasi, dan mobilisasi pasien.

Menurutnya, advokasi dilakukan oleh pengurus commodity TB Care Aisyiah. Mereka memberikan pembinaan lewat program. Dia mencontihkan pemberian nutrisi bagi penderita. Pelatihan bagi kader. Pengawasan bagi pasien TB untuk minum obat. Mobilisasi sejumlah kalangan dengan melibatkan lintas sektoral.

”Kita ingin agar masalah pengobatan dan pencegahan penyakit TB harus diatur dalam peraturan daerah atau peraturan wali kota. Ini untuk kelanjutan pencegahan penyakit menular TB,” paparnya. Sidang promosi doktor dipimpin Prof Dr Ujang Sumarwan MSc beranggotakan Dr Sarwiti Sarwoprasodjo MS.

Muh Zainal lahir di Mawa, 18 Maret 1986. Semua pendidikan dari jenjang SD hingga MA diselesaikan di perguruan Muhammadiyah. Bahkan S1 pada jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar (2005 – 2010) dan S2 pada Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana IPB Bogor (2012 – 2015).

Pada S3 konsentrasi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana IPB Bogor (2016 – 2019). (shd)