Tagih Janji Jokowi, Warga Bone Ini Fokus jadi Pengangguran

Kamis, 4 Juli 2019 - 19:21 WIB
Wawan Hirawan ingin fokus menganggur dan mengharapkan gaji ‘Pengangguran’. (fb)

FAJAR.CO.ID, BONE — Sebuah video tengah viral di jagat maya Facebook. Video tersebut dibuat oleh akun Wawan Hirawan. Pria ya g diketahui merupakan warga Bone Sulawesi Selatan (Sulsel) itu, mengaku ingin fokus menganggur dan mengharapkan gaji ‘Pengangguran’ seperti yang dijanjikan Presiden terpilih Joko Widodo dalam masa kampanyenya.

Dalam video berdurasi 29 detik itu, terlihat beberapa Ijazah Wawan juga digantung di belakangnya. “Saya mengucapkan selamat kepada bapak Jokowi dan bapak KH Makruf Amin sebagai Presiden dan wakil Presiden. Sesuai dengan janji bapak sebelumnya ingin menggaji setiap pengangguran, maka hari ini saya resmi gantung Ijazah dan ingin fokus menjadi pengangguran. Selamt ya pak semoga amanah. terumakasih.” Katanya lewat video singkta tersebut.

Meski hanya singkat, video itu menuai respon beragam dari netizen. Ada yang menghujatnya. Ada pula yang mendukungnya. Berdasarkan pantauan, video Wawan telah dishare sebanyak 4 ribu lebih.

Seperti diketahui, salah satu janji kampanye Jokowi-Maruf Amin adalah kartu Pra Kerja. Kartu ini bertujuan memberikan kesempatan pendidikan vokasi kepada calon pekerja Indonesia.

Selama pendidikan nanti, atau pacapendidikan, para pemegang kartu itu akan menerima honor dari pemerintah. Kendati demikian, Jokowi membantah apabila pemerintah disebut menggaji pengangguran.

“Siapa bilang saya gaji pengangguran. Artinya yang nganggur pun bisa mendapatkan ini sehingga di-training sehingga gampang masuk ke dunia kerja kita. Ini gak sambung antara keluaran yang ada di SMA/SMK dengan industri yang membutuhkan. Banyak industri garmen yang bingung mencari pekerja karena tidak ada skill yang siap. Ini tugasnya pemerintah ke sana,” kata Jokowi 11 Maret 2019 lalu. (fin)