65 Calon Doktor Unhas Dibekali Manajemen Referensi Ilmiah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ada 65 mahasiswa calon doktor pada program studi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Unhas, mengikuti pelatihan mendeley sebagai alat bantu sitasi/referensi dalam tulisan ilmiah pada di Aula FEB Unhas.

Ketua Prodi, Anas Iswanto Anwar, menyampaikan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya bagi calon doktor untuk belajar manajemen referensi.

“Nah, aplikasi mendeley merupakan salah satu alat pengelolaan referensi ilmiah open source. Dapat digunakan secara bebas untuk mengelola dokumen dan referensi ilmiah,” bebernya, Kamis (4/7/2019).

Diharapkan, lanjut Anas, dengan adanya pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan mendeley ini, dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian dari para calon doktor.

Sebagai informasi, pelatihan tersebut dipandu oleh Andi Dirpan, Ph.D. Yang mana peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi mendeley desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan mendeley.

Para peserta juga, kata dia, mendapatkan materi membangun network akademis dengan memanfaatkan fitur Mendeley Group.

“Dengan demikian, peserta dapat mencari dan berpartisipasi dalam grup pengguna mendeley di seluruh dunia yang memiliki bidang keahlian yang sama,” kuncinya. (gsa)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...