Kata Marc Marquez Jelang MotoGP Sachsenring

Jumat, 5 Juli 2019 - 13:10 WIB

FAJAR.CO.ID, SACHSENRING – Marc Marquez tak mau jemawa menyambut balapan MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (7/7) nanti. Catatan sembilan kemenangan dalam sembilan tahun terakhir, tetap membuat rider Repsol Honda tersebut berhati-hari.

Dia teringat peristiwa MotoGP Amerika Serikat (AS) April lalu (14/4). Saat itu dia datang dengan catatan kemenangan beruntun di enam balapan terakhir di sirkuit tersebut. Tapi malah gagal finis lantaran terjatuh.

“Ini adalah olahraga yang tidak bisa diprediksi,” ucap Marquez dilansir Crash. “Setiap orang megatakan aku favorit. Mereka juga mengatakan persis seperti itu sebelum balapan di Austin (GP AS). Dan aku terjatuh di sana,” tambah juara dunia MotoGP lima kali tersebut.

Marquez melanjutkan, hasil balapan sebelumnya tidak seberapa penting di MotoGP. Yang terpenting saat ini adalah mencari cara untuk bisa mengeluarkan performa terbaik sejak sesi latihan pertama hari ini.

Semua anggota tim harus fokus untuk menyambut akhir pekan ini. “Itulah memang yang harus dilakukan di setiap jelang balapan,” ucap pembalap 26 tahun tersebut.

MotoGP Belanda dan MotoGP Jerman menjadi jadwal balapan back to back pertama musim ini. Marquez mengaku sangat antusias menyambutnya. Di GP Belanda minggu kemarin dia hanya sanggup finis sebagai runner up di belakang Maverick Vinales. Tapi, hasil itu sudah cukup membuatnya makin kukuh di puncak klasemen pembalap.

Tabrakan Maut, Bus Rombongan Guru Dihantam Truk

Pertamina Sulawesi Jamin Pasokan Avtur Jelang Pemberangkatan Haji

Gagal ke Senayan, Petinggi Partai Ramai-ramai Incar Kursi BPK

Hasil GP Belanda itu membuat Marquez sementara memperlebar jarak menjadi 44 poin dari pesaing terdekatnya yakni pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Andai berhasil melanjutkan catatan kemenangan beruntun di Sachsenrin Minggu besok, Marquez bisa jadi menutup jeda musim panas ini dengan keunggulan 50 poin di klasemen pembalap.

Kesempatan itu terbuka lebar setelah Dovizioso menyebut sirkuit Sachsenring tidak cocok untuk Ducati. Menurut pembalap Italia tersebut, dengan lay out yang banyak menyajikan tikungan, motor milik Suzuki dan Yamaha punya kans paling besar menguasai balapan akhir pekan ini.

Tahun lalu Dovizioso hanya sanggup finis di posisi tujuh di Sachsenring. Catatan terbaiknya di sirkuit ini sepanjang karir adalah finis di podium ketiga yang dia raih dua kali pada 2016 dan 2012. (jpnn)

Jadwal MotoGP Jerman 2019

Jumat (5/7)
14.55-15.40 WIB: FP1
19.10-19.55 WIB: FP2
Sabtu (6/7)
14.55-15.40 WIB: FP3
18.30-19.00 WIB: FP4
19.10-19.25 WIB: Q1
19.35-19.50 WIB: Q2
Minggu (7/7)
19.00 WIB: Race