Kemenkumham Kawal Dua Ranperda Mamuju

Jumat, 5 Juli 2019 - 18:41 WIB
FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Salah satu tugas dan fungsi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat adalah melakukan fasilitasi harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Hal itu kembali dilakukan Kemenkumham Sulbar bersama Pemkab Mamuju.

Koordinasi dilakukan terkait harmonisasi dua Raperda yaitu tentang Perubahan atas Perda No.3 Tahun 2012 tentang Transparansi, Pertisipasi, dan Akuntabilitas dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di Kabupaten Mamuju.

“Juga Ranperda tentang Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman 2018-2038,” kata Kepala Bidang Hukum Kemenkumham Sulbar, Andi Hermin, Jumat siang tari.

Menurutnya, rapat tim dilaksanakan sebagai salah satu prosedur harmonisasi di Kanwil Kemenkumham Sulbar yang bertujuan menyampaikan hasil Rapat Pleno Internal Kanwil Kemenkumham Sulbar dan diskusi dengan pemrakarsa terkait substansi dan teknik penyusunan Raperda Kabupaten Mamuju.

Ditempat terpisah Kakanwil Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto, mengapresiasi Pemkab Mamuju yg terus bersinergi membahas produk hukum daerah. Bahkan sejak pembuatan naskah akademik pun sudah dibahas. “Bersama dengan perancang dari Kumham, semoga kiranya produk yang dihasilkan nanti memenuhi unsur kepastian hukum, keadilan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Harun.

Rapat harmonisasi sendiri dihadiri Kepala Dinas Infokom Mamuju, Perwakilan Bagian Hukum Setda Pemda Mamuju dan kepala bidang pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Mamuju, Kasubbid Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Perancang Peraturan Perundang-undangan Pemkab Mamuju. (hms)