CJH di Madinah Siang Ini Disambut Suhu 44 Derajat Celsius

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Jika tidak ada halangan, CJH Indonesia mulai mendarat di Madinah siang ini pukul 10.00 waktu setempat (14.00 WIB). Seluruh CJH diimbau mempersiapkan diri. Sebab, suhu rata-rata di Madinah mencapai 44 derajat Celsius.

Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah dr Edi Supriyatna menuturkan, selain suhu yang panas, kelembapan udara di Madinah rendah. Jamaah harus me­lakukan antisipasi supaya tidak mengalami dehidrasi yang dapat mengganggu ibadah.

Dia menganjurkan para jamaah rutin minum air putih dengan takaran sekitar 100 ml atau satu gelas belimbing setiap jam. “Jangan takut dengan sering kon­sumsi air, tidak akan membuat sering kencing,” katanya kemarin (5/7). Sebab, ada energi yang keluar melalui penguapan atau keringat.

Untuk menyambut kedatangan jamaah, rombongan petugas haji daker Madinah dan bandara sudah tiba di Makkah. Penerbangan 445 petugas haji itu terbagi dalam dua flight. Gelombang pertama mendarat di Jeddah pada Kamis (4/7) pukul 17.00 waktu setempat.

Mereka langsung melaksanakan umrah wajib dan baru selesai sekitar pukul 02.30 waktu Arab Saudi (WAS). Kemarin pagi (5/7) petugas haji mulai diberangkatkan menuju Madinah.

Setelah itu, mereka bersiap menyambut kedatangan jamaah haji di Bandara Madinah. Seperti biasa, akan digelar proses penyambutan kedatangan perdana jamaah Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menyatakan, maskapainya siap melayani angkutan jamaah haji. Dia optimistis penerbangan haji kali ini akan berjalan baik. Untuk memastikan operasional penerbangan haji berjalan lancar, Garuda Indonesia Group telah melakukan berbagai persiapan.

“Garuda Indonesia Group bersama jajaran terkait berupaya terus meningkatkan aspek keselamatan, on time performance (OTP), dan service excellence,” ucap Ari.

Dalam musim haji kali ini, Garuda mengerahkan 14 pesawat jenis Boeing 777, Airbus 330, dan Boeing 744. “Garuda Indonesia akan menerbangkan 111.071 jamaah yang tergabung dalam 284 kloter dari sembilan embarkasi,” beber Ari. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...