Laode M Syarief Masih Ingin Bertahan di KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Nama-nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih ditutup rapat panitia seleksi (pansel). Namun, sebagian capim itu sudah mengumumkan pendaftaran dirinya sebagai kandidat komisioner lembaga superbodi tersebut. Hingga pendaftaran ditutup pukul 00.00 Jumat (5/7), total ada 384 nama yang masuk sebagai kandidat.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Selain Polri, kejati, dan internal KPK, ada dari TNI, pengacara, hakim, akademisi, serta swasta. Nama-nama yang lolos administrasi baru dirilis secara resmi oleh pansel pada Kamis (11/7).

Berdasar informasi yang dihimpun, 16 nama dari KPK yang dipastikan telah mendaftar capim berasal dari beragam elemen. Mulai pimpinan, penasihat, pejabat struktural, hingga pegawai spesialis tingkat madya dan utama. Tiga orang komisioner yang mendaftar adalah Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, dan Laode M. Syarief.

Di level pejabat struktural ada Pahala Nainggolan (Deputi Penindakan), Sujanarko (Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antarkomisi dan Instansi), Giri Suprapdiono (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat), dan Chandra Sulistio Reksoprodjo (Kepala Biro Sumber Daya Manusia).

Dari level pegawai spesialis ada lima orang. Yakni, M. Najib Wahito, Abdul Jalil Marzuki, Hotman Tambunan, Adhi Setyo Tamtomo, dan Insan Fahmi.

Mayoritas lebih dari 10 tahun menjadi pegawai tetap KPK. Pendaftar lainnya merupakan ahli di strategis nasional (stranas) pencegahan korupsi yang berkantor di KPK, yakni Dedi Haryadi, Fridolin Berek, dan Hayi D.M.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...