Mahasiswa KKN Unhas Berikan Penyuluhan Abrasi Pantai

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN PPM)Gelombang 102, Unhas mengirim 20 mahasiswa sejak 1 juli 2019 lalu. Mereka ditempatkan di Pulau Lamputang Desa Mattiro Dolangeng Kecamatan Liukang Tupabiring Kabupaten Pangkep.

Kedatangan mahasiswa KKN disambut warga Pulau Lamputang. Setelah melakukan observasi secara langsung pada lokasi seminar proker diadakan pada tanggal 2 juli bertempat di SMP Satap 14.

Koordinator Desa, Arfin menyampaikan rasa terima kasihnya pada warga pulau lamputang yang mau meluangkan waktunya dan berharap dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada Pulau Lamputang.

“Terima kasih kepada bapak kepala dusun yang telah meluangkan waktunya untuk hadir di seminar proker pada saat ini. Ucapan serupa juga untuk warga Pulau Lamputang yang menyambut kami dengan baik, saya berharap kedatangan kami dapat memberikan dampak positif bagi warga pulau lamputang,” katanya Minggu (7/07/2019).

Kepala Dusun Desa Lamputang, Kahar Dg Pallalo menyambut baik kedatangan mahasiswa dan berharap mahasiswa dapat memberikan dampak yang baik.
“Mereka ini adalah mahasiswa Unhas. Meraka akan melakukan aktifitas yang baik selama sebulan jadi saya harap masyarakat dapat menyambut dengan baik,” ucapnya.

Pulau Lamputang sendiri mengalami pengikisan garis pantai atau abrasi serta masalah sampah. Masyarakat Pulau Lamputang sendiri belum paham tentang dampak dari abrasi.

Mahasiswa yang dikirim disana kedepannya akan membuat prototype breakwater submerged yang diharapkan dapat menjadi acuan atau model untuk pembuatan breakwater kedepannya serta penyuluhan tentang abrasi.

Selain kedua hal tadi mahasiswa juga memberikan pengetahuan dan solusi tentang pengelolaan sampah serta edukasi bagi anak-anak Pulau Lamputang. (edo)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...