Menag Ingin Fasttrack Jemaah Haji Berlaku di Seluruh Embarkasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin berharap pelayanan fasttrack tidak hanya diberlakukan untuk jemaah yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Namun bisa dilakukan pada 13 embarkasi di Indonesia.

"Tahun ini kami hanya bisa menerapkan di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta," kata Menag Lukman usai mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat melepas jemaah haji asal Cianjur di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (7/7).

Dia menjelaskan, banyak hal positif yang didapat dari layanan fasttrack. Keimigrasian sudah dilakukan sejak di embarkasi sehingga proses di bandara sangat cepat.

Meski ini tidak mudah, Menteri Lukman berharap seluruh proses keimigrasian bisa di tiap embarkasi di Indonesia. Sehingga, saat tiba di Madinah dan Jeddah, jemaah tidak perlu menunggu lama lagi. Jemaah bisa langsung menuju bis lalu berangkat ke hotel. Adapun koper bagasi jemaah, sudah ada yang mengurus untuk di antar ke hotel.

Agar Awet Muda, Hindari 5 Pemicu Kerutan Ini

Pendukung Bamsoet Ingin Munas Golkar Digelar Agustus

450 Jemaah Diberangkatkan dari Batam

"Saya optimistis hal itu tidak sulit, proses keimigrasian, seperti perekaman sidik jari, retina mata dan sebagainya. Apalagi perhatian pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia sangat luar biasa. Semoga ini bisa dilakukan di semua embarkasi di Indonesia, agar bisa merasakan keadilan," tuturnya.

Kemenag, akan terus melakukan inovasi, mudah-mudahan ini tidak ada kendala yang serius. "Mudah-mudahan bisa dilakukan di tempat lain, direplikasi," tutupnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...