Sebelum Bagi-bagi Kursi Menteri, Jokowi Ingin Parpol Lakukan Ini

Minggu, 7 Juli 2019 - 20:36 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Ketua DPP Partai Golkar, Andi Sinulingga menyampaikan, partainya bakal melakukan rapat pleno untuk menentukan waktu penyelenggaraan musyawarah nasional (Munas) 2019. Namun, belum diketahui secara pasti kapan rapat pleno tersebut akan digelar.

“(Rapat Pleno) kabarnya akan digelar pertengahan Juli. Enggak lama lagi pasti rapat dan diputuskan termasuk menentukan munasnya kapan dan di mana,” kata di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (7/7).

Namun Andi menegasakna, sampai saat ini di pengurus pusat Partai Golkar belum membicarakan terkait pelaksanaan munas. Namun, dia mendengar sejumlah pihak mendorong untuk mempercepat pelaksanaan munas. Salah satunya, kata dia, adalah Presiden terpilih Joko Widodo, yang menginginkan semua partai koalisi menyelesaikan munas sebelum penetapan kabinet.

“Yang saya dengar begitu (Jokowi minta seluruh partai menyelesaikan munas sebelum penentuan kabinet) , tetapi tidak langsung dari Pak Jokowi tapi yang saya dengar begitu,” ucap Andi.

Angel Karamoy Nge-Gym, Ingin Berat Badan Ideal

Klasemen MotoGP 2019: Marquez Unggul 69 Poin di Atas Dovi

Restu Jokowi Penting untuk Golkar dan Presiden

Kendati demikian, Andi menuturkan dorongan dari sejumlah pihak tersebut termasuk Presiden Jokowi tidak otomatis diikuti oleh Partai Golkar. Waktu penyelenggaraan Munas tetap harus berdasarkan kesepakatan internal.

“Maksudnya semua yang diminta oleh pemerintah kita harus ikut, kan enggak harus juga. Itulah walaupun kita ada di pemerintahan, kita tetap harus kritis,” tuturnya.

Menurut dia, dipercepat atau tidaknya pelaksanaan munas, sangat tergantung pada kebutuhan dan kepentingan Partai Golkar. Karena itu, mau tidak mau harus disepakati bersama oleh internal partai.

“Tapi apakah kita harus ikut atau tidak, kan kita sesuaikan dengan kebutuhan internal partai kita. Kita akan duduk bersama, tapi kalau itu terkait kepentingan internal kita, kita harus bicara lagi,” tandasnya. (jp)