CEO GoJek dan Bukalapak Menguat Calon Menteri Jokowi

Senin, 8 Juli 2019 10:36

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Dukungan calon menteri kini berayun ke jajaran tokoh muda. Sejumlah nama mencuat. Baik dari kalangan partai maupun profesional. Namun, Jokowi-Ma’ruf diminta tetap memperhatikan faktor kompetensi dan kebutuhan.Nama-nama tokoh muda yang dianggap layak masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf sebenarnya sudah mencuat sejak Maret. Saat itu, lembaga survei Arus Survei Indonesia (ASI) merilis nama tokoh-tokoh muda yang layak dipertimbangkan menjadi calon menteri. Nama-nama tersebut didapat dari hasil survei terhadap 110 pakar dari berbagai bidang. Mulai akademisi, parpol, ormas, mahasiswa, kalangan profesional, budayawan, hingga praktisi pemerintahan. ”Nama-nama mereka masih relevan untuk diusulkan saat ini kepada presiden,” terang Direktur Eksekutif ASI Ali Rif’an saat dihubungi kemarin (7/7).Dari kalangan profesional, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berada di posisi teratas usulan para pakar. Sedangkan dari parpol, nama tokoh Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berada di puncak usulan.Dalam surveinya, dia meminta para pakar menilai lima aspek. Integritas dan rekam jejak, kompetensi dan kapabilitas, inovasi dan kreativitas, komunikasi publik dan pengaruh sosial, serta aspek manajerial dan kemampuan memimpin. Tokoh yang mendapat nilai rata-rata tertinggilah yang direkomendasikan menjadi bahan pertimbangan Jokowi-Ma’ruf.

MU Pasrah Kehilangan Paul PogbaEkspor Nasional Turun, Pelabuhan Tanjung Priok Beroperasi 24 JamKabinet Jokowi Harus Memadai bagi Anak Muda

Menurut Ali, untuk masuk di kabinet, yang dibutuhkan tidak sekadar kecakapan dan integritas. Lebih dari itu, ada faktor-faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan. ”Misalnya, apakah presiden nyaman atau tidak, atau partai koalisi nyaman atau tidak,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
6
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar