Kakanwil Kemenkumham Sulbar Buka Kegiatan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan

Senin, 8 Juli 2019 - 13:29 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Harun Sulianto, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anwar dan Kepala Divisi Keimigrasian, Silvester Sili Laba, membuka kegiatan Rekonsiliasi Pemutakhiran Data BMN (Barang Milik Negara) dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2019 di Kanwil setempat, Senin, 8/7.

Saat ini, opini BPK atas laporan keuangan Kemenkumham sudah WTP. Untuk mempertahankan itu, Harun, minta agar laporan keuangan harus sesuai standar akuntasi pemerintah dengan menggunakan aplikasi yang ada.
“Penyusunan laporan keuangan dan pemutakhiran data BMN kita ini berjenjang dari Unit Pelaksana Teknis (UPT), hingga ke Unit Pusat sehingga harus dilakukan verifikasi dan validasi data yang akurat,” kata Harun.

Oknum Pegawai Bank Bobol Uang Nasabah, Dipakai Berjudi

Alasan MA Tolak Kasasi Baiq Nuril yang Didenda Rp500 Juta

Takut Istri Hamil, Ayah Pilih Mendesah dengan Gadis Kandung

Yakni meliputi neraca, laporan mutasi dan laporan persediaan BMN. Harun juga minta agar sinkronisasi data, upload data SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual) pada aplikasi e-rekon serta back up Arsip Data Komputer (ADK) dilakukan dengan akurat, sehingga memberi kontribusi positif bagi laporan keuangan Kemenkumham pusat.

Acara yang digelar dua hari hingga 9 Juli ini diikuti 36 peserta terdiri dari operator SAIBA dan SIMAK BMN Kantor Wilayah, Satker pemasyarakatan dan imigrasi se Sulawesi Barat. Untuk tingkat pusat akan dilaksanakan tanggal 14-15 juli di Jakarta. (hms)