Menwa Sub Kota Makassar Gelar KDS dan Gladi Posko I

Senin, 8 Juli 2019 - 21:00 WIB
KDS DAN GLADI POSKO. Segenap personel Resimen Mahasiswa Sub Kota Makassar gelar KDS dan Gladi Posko I.

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA –- Demi membekali keilmuan calon staf dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional serta mampu meneruskan estafet kepengurusan, segenap personel Resimen Mahasiswa (Menwa) Sub Kota Makassar mengelar Kursus Dinas Staf (KDS) dan Galdi Posko I, di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Selatan, di Sungguminasa Kabupaten Gowa, 5-6 Julil 2019.

Menurut Komandan Menwa Sub Kota Makassar Andi Rahmatullah, S.Sos, kursus yang diikuti 233 orang anggota Menwa Se-Kota Makassar ini, bertujuan mempersiapkan anggota Menwa yang cakap administrasi dan taat aturan serta cintah tanah air sebagai wujud pelopor bela negara.

“Hidupnya organisasi dapat ditandai dari teraturnya pengadministrasian suatu organisasi, anggota yang beretika, disiplin aturan, serta amanah dalam mengembang tugas,” jelas Rahmatullah.

Wakil Direktur III IPDN Kampus Sulsel Bidang Keprajaan, ketika membuka kegiatan ini menegaskan, Kursus Dinas Staf merupakan salah satu instrumen pendidikan di organisasi Menwa yang diperuntukkan bagi setiap anggota Menwa yang akan menjadi staf di kemudian hari.

Menurutnya, materi yang diberikan selama kursus terbagi menjadi dua kategori yaitu materi dasar organisasi dan materi tambahan. Adapun materi yang masuk dalam kategori dasar organisasi antara lain Pengetahuan Sejarah Menwa Indonesia, Dasar-Dasar Organisasi, dan Administrasi Umum, serta Galdi Posko I.

Wakil Komandan Menwa Sub Kota Makassar Andi Besse Frial mengatakan, melalui kursus ini diharapkan ke depannya anggota yang akan menjadi staf lebih siap lagi, baik dari segi kedisiplinan, mental, maupun intelegensi/keilmuan dengan pembekalan materi kestafan dan materi tambahan yang telah diberikan pada kursus.

Menariknya, serangkaian kegiatan ini, Kepala Staf Menwa Nasional Muhammad Irwani Deni, yang merupakan salah seorang pemateri dalam kursus ini, dijemput dengan tata cara adat penjemputan IPDN. “Saya berterima kasih telah diundang ke Makassar untuk membawakan materi dalam Kursus Dinas Staf ini,” ucap Irwan Deni.

Kursus ini berjalan dalam keadaan hikmat dan semua peserta kursus sangat berantusias dalam menerima materi yang ditandai dengan aktifnya peserta kursus dalam proses tanya jawab.

“Peserta Kursus ini adalah calon pemimpin-pemimpin bangsa yang harus selalu siap dalam segala hal, terutama jika negara membutuhkan kami,” ujar salah seorang peserta yang enggan dimediakan namannya. (lis)

Loading...