Sutopo Dimakamkan di Boyolali, Kepala BNPB: Semoga Lahir Penerus Perjuangan Pahlawan Kemanusiaan

Senin, 8 Juli 2019 - 15:04 WIB
Proses pemakaman Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di pemakaman umum Sasanalayu, Boyolali. (rmoljateng)

FAJAR.CO.ID, BOYOLALI – Upacara pemakaman Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dipimpin langsung oleh pucuk pimpinan tertinggi BNPB yakni Letjen TNI Doni Monardo di pemakaman umum Sasanalayu, Boyolali.

Mengenang sosok Sutopo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengaku seluruh keluarga besar BNPB merasa sangat kehilangan yang mendalam.

Menurutnya banyak yang merasa kehilangan sosok yang berdedikasi tinggi dalam tugasnya. Sangat berat kehilangan seorang pejuang kemanusiaan, pahlawan kemanusiaan yang mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Meski dalam keadaan sakit masih menjalankan tugasnya untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait bencana yang sedang terjadi dan memberikan solusi terbaik bagaimana penanganan bencana tersebut,” jelasnya Senin (8/7).

Sebagai bentuk dukungan untuk kesembuhan Sutopo, pihak BNPB sudah berusaha memberikan layanan pengobatan yang tepat terbaik untuk penyakit kanker yang diidap oleh Sutopo.

“Kami BNPB berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayan medis yang terbaik agar beliau bisa segera sembuh dari penyakitnya,” lanjutnya.

Ditambahkan Doni Monardo, saat menjalani pengobatan di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, China, almarhum tetap berkomunikasi dengan pihak kantor. Bahkan sempat mengirimkan foto yang menggambarkan kondisinya mulai membaik.

Namun Allah berkehendak lain, belum genap satu bulan menjalani perawatan sesuai jadwal, alamarhum kembali berpulang di tengah upaya dan semangatnya untuk sembuh dari penyakit kankernya.

“Kedepannya kami sangat berharap lahir Sutopo-Sutopo muda yang terus melanjutkan perjuangan pak Topo semasa hidupnya. Bahkan dalam keadaan sakit masih bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik,” pungkas Letjen Doni Monardo. [jie/rmoljateng]