Atasi Sampah Plastik dan PHBS, Mahasiswa KKN Unhas Kenalkan Ecobrick

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa KKN Tematik PU-PERA Kabupaten Gowa Unhas menggelar seminar program kerja (proker). Salah satu program andalannya yakni pengelolaan sampah plastik dengan sistem ecobrick.Berlangsung di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Gowa seminar dihadiri perangkat kelurahan dan desa Kec. Pallangga dan Somba Opu, Babinsa tiap kelurahan, Babinkantibnas, dan Supervisor dari KKN Tematik PU-PERA, Selasa (9/7/2019).

Salah seorang peserta KKN, Aziziah Dyah Aprilia, mengungkapkan, program tersebut dilakukan untuk mengurangi sampah, khususnya sampah rumah tangga. Prosesnya dimulai dari pemilahan sampah organik maupun non-organik.

“Sampah plastik tidak hanya dibuang begitu saja tetapi dapat dimanfaatkan seperti buat kreasi jadi kursi, pot bunga, meja, dan sebagainya,” ungkap mahasiswi Ilmu Komunikasi ini.

Tak hanya itu, mereka juga akan memberikan pelatihan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat setempat, utamnya pelajar.

Supervisor KKN, Andi Lukman Irwan menambahkan, proker yang disusun oleh mahasiswa harap didampingi oleh perangkat kelurahan dan desa masing-masing.

“Pemerintah juga harus mendukung program kerja mahasiswa KKN, karena bagaimanapun tanggung jawab tetap ada di pemerintah, mahasiswa hanya pemberi inovasi. Apalagi KKN ini hanya berlangsung satu bulan,” tegasnya. (sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...