Pengamat: Tak Jadi Menteri, AHY Lebih Leluasa Bermanuver untuk 2024

Selasa, 9 Juli 2019 - 13:35 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik, Karyono Wibowo menilai sosok Komandan Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah pantas menjadi menteri di kabinet Jokowi–Ma’ruf Amin.

“Kalau ditanya AHY layak tidak menjadi menteri? Menurut saya kalau untuk posisi menteri, layak lah,” kata Karyono saat dihubungi, Selasa (9/7).

Hanya, kata dia, Demokrat perlu menimbang matang ketika ingin mendorong AHY sebagai menteri di kabinet Jokowi.

” Kalau (AHY) masuk kabinet itu harus dihitung untung rugi berkaitan dengan Pemilu 2024,” ungkap dia.

Dua hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, kata dia, banyak kader yang berpengalaman di Demokrat untuk menduduki posisi menteri. Karyono pun menyebut sosok Soekarwo dan E.E. Mangindaan.

Kader Golkar Tak Pede Bertarung di Pilkada Gowa

Ahmad Muzani Sebut Tak Masalah Gerindra Oposisi

Hermawan yang Ancam Penggal Jokowi Ijab Kabul di Rutan

Baik Soekarwo dan E.E. Mangindaan dianggap sudah malang melintang di lingkaran eksekutif. Soekarwo pernah menjabat Gubernur Jawa Timur dua periode, sedangkan E.E. Mangindaan pernah menjabat menteri di kabinet Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kedua, kata dia, AHY bisa lebih leluasa bergerak di Demokrat ketika mantan prajurit TNI itu tidak menjabat sebagai menteri. AHY bisa bermanuver untuk menjadi Ketua Umum Demokrat menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Mungkin itu lebih bagus mendorong Pakde Karwo. Sehingga AHY bisa fokus di partai. Disiapkan untuk menjadi ketua umum partai menggantikan ayahnya. Jadi dia nanti bisa lebih leluasa,” pungkas dia. (jpnn)

One thought on “Pengamat: Tak Jadi Menteri, AHY Lebih Leluasa Bermanuver untuk 2024

Comments are closed.